BTN TOP 3 BANK FAVORIT PERUMAHAN

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

BANK BTN TOP 3 BANK FAVORIT PERUMAHAN

Top 3 Bank Favorit Perumahan merupakan hasil survei Majalah Property and The City terhadap konsumen perumahan yang telah berhubungan langsung dengan bank-bank pemberi KPR. Dari 10 bank yang disurvei, terdapat 3 buah bank yang difavoritkan oleh konsumen sebagai Bank Favorit di sektor perumahan. Mereka adalah : Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Central Asia (BCA), dan Bank CIMB Niaga.

Cikal bakal BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897. Pada tahun 1942, masa pendudukan Jepang di Indonesia, bank ini dibekukan dan digantikan dengan Tyokin Kyoku atau chokinkyoku. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia bank ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan diubah menjadi Kantor Tabungan Pos pada tahun 1950. Nama Bank Tabungan Negara mulai dipakai pada tahun 1963 sampai sekarang. Sejak 1974 pelayanan Bank BTN lebih difokuskan sebagai bank yang menangani perumahan rakyat.

Seiring waktu, BTN tak hanya menjadi penguasa dalam bisnis pembiayaan untuk rumah murah. Kredit rumah untuk kelas menangah atas pun dalam beberapa tahun belakangan gencar disalurkan BTN. Tak hanya masuk dalam pembiayaan perumahan, perseroan juga jeli untuk melihat peluang penyaluran kredit terhadap industri properti. Sehingga BTN tidak hanya memfasilitasi KPR saja, namun juga memberikan kredit lain di sektor perumahan seperti kredit konstruksi dan kredit konsumsi lainnya.

Manajemen Bank BTN berkomitmen untuk mempertahankan market share pada pembiayaan di sektor perumahan rakyat, khususnya untuk masyarakat menengah bawah (MBR) dengan porsi pembiayaan rata-rata di atas 95% dalam setiap tahunnya, lebih tinggi dibanding bank lainnya. Padahal bank lain juga diberikan kesempatan seperti halnya Bank BTN dalam mendukung program pemerintah tersebut. Sementara untuk porsi pembiayaan perumahan secara nasional, Bank BTN tetap memimpin pasar  dengan dengan market share 24 % lebih.  

Tak heran jika sampai dengan 31 Desember 2013 sudah lebih dar 3.600.000 rumah dibiayai oleh Bank BTN. Jika satu rumah dihuni oleh 4 orang, maka tak kurang dari 15.000.000 masyarakat Indonesia telah menikmati rumah yang dibiayai oleh Bank BTN. Karenanya tidak salah bila sebagian besar responden menobatkan Bank BTN sebagai salah satu Bank Favorit Perumahan
di Indonesia.

Senin, 21 Juli 2014

Baca juga artikel berikut

Ishak Chandra

NOMINASI PROYEK-PROYEK SKALA KOTA DI BODETABEK

3 BUAH GRATIS 1

You have no rights to post comments