×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

Tingkatkan Kinerja, Holcim Fokus Transformasi Komersial

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Perlambatan ekonomi yang berdampak langsung pada segmen properti turut juga dirasakan pelaku bisnis semen, termasuk Holcim Indonesia. Untuk ini, produsen semen, beton siap pakai, dan agregat tersebut telah menyiapkan sejumlah langkah strategis, termasuk akan fokus pada transformasi komersial.

Tercatat hingga kuartal pertama tahun ini, pertumbuhan kredit perumahan hanya mencapai 8%, lebih rendah dari prediksi 11%. Hal ini disebabkan oleh daya beli yang rendah. Sedangkan pertumbuhan kredit perumahan pada kuartal kedua tahun 2017 diharapkan dapat mencapai 12% yang ditargetkan pada segmen menengah.

“Kondisi dinamis yang tidak menentu masih menjadi alasan utama kami untuk tetap waspada dan cekatan dalam memberikan nilai tambah bagi para pelanggan dan pemangku kepentingan,” ujar Presiden Direktur Holcim Indonesia, Gary Schutz usai mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa, di Jakarta, Rabu (24/5/2017) lalu.

Melalui keterangannya yang diterima Property and The City, Gary menegaskan bahwa dampak dari perlambatan ekonomi tersebut, berimbas langsung pada penurunan daya beli para pelanggannya. Dengan demikian, mengakibatkan industri bahan bangunan dan konstruksi juga masih berada dalam tekanan.

“Peran pemerintah diharapkan mampu menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kondusif dan memulihkan perekonomian,” tegasnya.

Untuk ini, lanjut Gary, Holcim Indonesia terus berfokus dalam transformasi komersial untuk meningkatkan penjualan serta melayani kebutuhan pelanggan yang ada di dua pasar semen terbesar, yaitu Sumatra dan Jawa.

Perusahaan juga terus melakukan inisiatif-inisiatif efisiensi dan penurunan beban pada proses produksi, distribusi, keuangan, dan meningkatkan penggunaan bahan baku alternatif. Selain adanya tambahan kapasitas produksi dari pabrik semen yang ada di Lhoknga, Aceh, keberadaan Holcim di Sumatera juga diperkuat dengan operasional terminal semen di Lampung, serta gudang semen baru di Palembang yang diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2018.

“Terminal semen di Lampung menjamin pasokan untuk melayani kebutuhan pasar lokal dengan total kapasitas 1 juta ton per tahun,” terangnya.

Belum lalam ini, Holcim juga telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan CIMB Niaga terkait peluncuran aplikasi gawai penjualan produk dan solusi Holcim yang telah tersedia bagi pengguna gawai Android. Dengan aplikasi tersebut, pelanggan bisa mendapatkan produk dan solusi dari Holcim dengan mudah secara langsung, dimanapun dan kapan pun tanpa perlu datang ke toko bangunan.

[Baca: Aplikasi Solusi RumahKu: Beli Produk Holcim Cukup Dari Rumah]

“Solusi RumahKu bisa diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini merupakan sebuah solusi untuk konstruksi rumah dan bangunan yang menyediakan layanan konsultasi rancang bangunan, bahan bangunan berkualitas, serta ahli bangunan bersertifikat, juga pembiayaan bank di bawah satu atap,” kata Gary.

Gary melanjutkan, pertumbuhan permintaan dalam waktu dekat diperkirakan masih sangat minim dan masih jauh dari yang diproyeksikan oleh ASI sebesar 5%. Untuk jangka panjang, kata dia, Holcim Indonesia yakin bahwa potensi pertumbuhan yang dibutuhkan akan lebih besar dari kebutuhan jangka pendek.

“Kami sangat siap untuk melayani pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda, mulai dari pemilik rumah hingga proyek infrastruktur berskala besar dan pembangunan gedung bertingkat,” sahut Gary.

Dalam RUPS LB tersebut, Martin Kriegner telah mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk menggantikan Ian Thackwray sebagai Wakil Presiden Komisaris. Adapun Ian Thackwray mengundurkan diri dengan alasan pribadi. [Pius Klobor]


"Belum lengkap kalau belum ke pameran properti online www.propertipedia.asia

You have no rights to post comments