×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

MEDIA SOSIAL GITU-GITU AJA...

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

“Bekerja secara digital tidak sama dengan digital marketing”

Dalam sebuah kesempatan, seorang agen properti mengeluh kepada saya.
“Ah...udah pakai digital marketing aja masih susah nih jualan properti Pak,” jelasnya.
“Kenapa Pak?” tanya saya sambil tersenyum.

“Saya sudah coba semua media sosial dengan digital marketing. Tapi hasilnya gitu-gitu aja tuh.” Jawabnya 

Setelah beberapa saat berbincang saya baru tahu kalau dia sedang memasarkan salah satu listing rumah dan setiap hari selalu tidak ketinggalan untuk mem-posting iklannya di sosial media miliknya, mulai dari Instagram, Facebook, dan Twitter. Setelah itu dia menunggu.... Satu minggu, dua minggu, sampai satu bulan, dia mulai merasa gelisah. Pasalnya, respon dari hasil posting-an dirasa tidak berdampak apa-apa. Hampir tidak ada yang merespon.

Apa sih digital marketing itu? Banyak yang mengira kalau dengan mem-posting image atau video ke media sosial berarti sudah melakukan digital marketing. Jawabannya: Salah! Mereka merasa dengan sekali posting dan duduk manis kemudian dunia maya bekerja secara otomatis untuk dirinya. Begitu kira-kira yang ada di sebagian benak orang. Tetapi tentunya hal tersebut salah besar. Media sosial adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk pemasaran. Jadi jangan salahkan media sosial bila ternyata iklan Anda tidak direspon. Yang dilakukan agen properti di atas bukanlah digital marketing!
Berapa sih follower Anda? Bagaimana bisa menambah follower? Itu baru dari aspek follower yang membuat komentar atau like pada posting-an Anda. Semakin banyak follower dipercaya akan semakin luas jangkauan iklan Anda. Banyak juga cara untuk menambah follower dari yang alami sampai yang instan dengan membeli follower. Dengan banyak follower pun ternyata tidak menjamin iklan terdistribusi sesuai kehendak kita. Bayangkan bila sebagian besar follower yang ada di media sosial adalah teman kita juga atau seperti kasus di atas ternyata semua adalah teman-temannya yang juga berprofesi sebagai agen.

Bila sasarannya orang yang berminat membeli properti Anda tentunya Anda harus memasarkannya dalam jangkauan yang lebih luas lagi. Penggunaan Facebook Ads atau Google Ads bisa menjadi pilihan. Tidak berhenti di sini, digital marketing sangat terkait dengan human behaviour dan psikologis pasar. Bentuk, ukuran, dan warna iklan akan juga memengaruhi orang untuk merespon sebuah iklan. Proses pemasaran lewat digital sangat kompleks, jadi teruslah belajar karena perubahan semakin cepat!

You have no rights to post comments