×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

PT KAB Realisasikan Jalan Kereta Api di Kalimantan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Ilustrasi - Jalur kereta api // Foto: Pius

PT Kereta Api Borneo (PT KAB) - anak perusahaan Russian Railway - kembali menegaskan komitmennya untuk merealisasikan pembangunan jalan kereta api di utara dan selatan Kalimantan Timur (Kaltim). Dua proyek yang segera digenjot tersebut, yakni Kutai Karta Negara – Kutai Timur untuk Jalur Utara dan Kutai Barat – Penajam Paser Utara, untuk Jalur Selatan.

“Prioritas kami saat ini adalah pengembangan di Jalur Selatan, yakni pembangunan pelabuhan di Buluminung, Penajam Paser Utara, yang diproyeksikan untuk penyimpanan dan pengolahan batu bara, serta kargo lainnya dengan kapasitas per tahunnya hingga 5 juta ton dan kargo lainnya hingga 1,5 juta ton,” ujar Direktur PT KAB, Sergey Kuznetsov, dalam beritanya kepada media.

Pelabuhan ini, lanjut Sergey, akan menjadi pintu masuk bagi masuknya alat-alat berat dan material yang dibutuhkan untuk pembangunan jalur KA nantinya. Untuk fase pertama, saat ini tengah dilakukan beberapa langkah seperti persiapan lahan untuk pembangunan pelaksanaan survei engineering, design, dan pekerjaan persiapan untuk memulai pembangunan.

Pembangunan pelabuhan direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2017-2018. Sedangkan pengoperasiannya direncanakan akan dimulai tahun 2019. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pekerjaan untuk Jalur Utara.

“Pemerintah setempat, melalui gubernur mendukung segera teralisasinya proyek-proyek PT KAB ini,” tegas Sergey. [Pio]