Singapura Vs Bangkok

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Singapura Vs Bangkok

Singapura Bangkok

Geografi dan Demografi

Singapura terdiri dari 63 pulau, termasuk daratan Singapura. Pulau utama sering disebut Pulau Singapura, secara resmi disebut Pulau Ujong [Melayu: pulau di ujung daratan/semenanjung]. Singapura memiliki banyak proyek reklamasi, dengan tanah yang diperoleh dari bukit, dasar laut, dan negara tetangga. Hasilnya, daratan Singapura meluas dari 581,5 km2 pada 1960-an, menjadi 710 km2, dan akan bertambah hingga 100 km2 pada 2030.

 

Sekitar 42% penduduk Singapura adalah warga asing. Jumlah penduduk Singapura pada 2013 sebanyak 5,4 juta jiwa, 3,73 juta jiwa di antaranya merupakan warga negara dan penduduk tetap Singapura (Singapore Residents). Penduduk Singapura di dominasi orang Cina, Melayu, dan India.

 

 Geografi dan Demografi

Bangkok adalah ibu kota dan kota terbesar di Thailand, terletak di tepi Barat Sungai Chao Phraya, dekat Teluk Thailand. Daerah administratif khusus Bangkok meliputi wilayah seluas 1.586,7 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 10,538 juta jiwa (2013). Bangkok memiliki 50 distrik atau khet, yang menandakan subdivisi pemerintahan dibawah wewenang Bangkok Metropolitan Area (BMA). Karena perluasan kota yang cenderung ke arah pinggiran kota, bagian dalam kota tidak mempunyai ruang tumbuh yang besar, akibatnya pembangunan secara vertikal menjadi semakin lazim.

Ekonomi

Bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan, Singapura menjadi salah satu dari Empat Macan Asia dan merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia setelah London, New York dan Tokyo. Ekonomi Singapura termasuk di antara sepuluh negara paling terbuka, kompetitif, dan inovatif di dunia. GDP Perkapita-nya mencapai Rp671.466.744 di tahun 2013.

Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi Thailand melambat tajam pada 2014 menyusul gejolak politik melanda negera kerajaan ini yang memukul juga sektor penerimaan dari pariwisata, diperparah penurunan harga pertanian dan melemahnya ekspor. Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat 0,7 persen pada tahun lalu, namun turun dari 2,9 persen yang tercatat pada 2013, angka ini paling lemah sejak tumbuh 0,1 persen pada 2011, ketika negara itu hancur dilanda banjir.Namun demikian perekonomian diperkirakan semakin membaik saat ini.

Pariwisata

Singapura merupakan destinasi wisata yang terkenal. Demi menarik lebih banyak wisatawan, pemerintah memutuskan untuk melegalkan perjudian dan membangun dua resor kasino yaitu: di Marina South dan Pulau Sentosa pada tahun 2005. Singapura telah mengantisipasi persaingan bisinis pariwisata terhadap kota-kota regional lainnya seperti Bangkok, Hong Kong, Tokyo dan Shanghai, dengan diadakannya Singapore Food Festival, Singapore Sun Festival, Christmas Light Up, dan Singapore Jewel Festival.

Selain itu, Singapura adalah surga belanja dan makan dengan ratusan pusat belanja disana yang saling melengkapi dan terintegrasi. Yang terkenal adalah sepanjang Jalan Orchard Road dan seputaran Marina Bay dengan pusat belanja baru di dalam Marina Bay Sands. VivoCity di Harbourfront juga merupakan pusat belanja dan hiburan yang besar. Sementara pilihan belanja murah dan oleh-oleh tersebar di banyak lokasi, antara lain di daerah Bugis Village dan Chinatown. Nyaris semua stasiun MRT di pusat kota terhubung dengan pusat belanja.

Pariwisata

 

Kaya akan situs-situs budaya membuat Bangkok sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia. Diperkirakan sekitar 15 juta wisatawan mancanegara datang ke Bangkok setiap tahunnya. Tempat-tempat bersejarah yang sekaligus menjadi atraksi turis antara lain: Grand Palace, Democracy Monument, Giant Swing, Sanam Luang, Wat Pho dan Wat Arun.

 

Ratchaprasong adalah kawasan perbelanjaan utama, dengan Central World Plaza dan Siam Square yang merupakan kawasan yang sama seperti Shinjuku di Tokyo dan Oxford Street & Picadilly Circus di London. Sedangkan untuk membeli barang-barang berkualitas dengan harga murah, orang-orang lebih memilih untuk datang ke Chatuchak Weekend Market di sebelah Utara Bangkok.

 

Transportasi

Singapura telah memiliki MRT sejak 1987 dan kini memiliki 4 jalur, kelak menjadi 5 jalur yang kini dalam pembangunan. Pelabuhan Singapura menjadi pelabuhan tersibuk kedua di dunia setelah Shanghai dengan lalu lintas lintas pengapalan dan pusat pengisian bahan bakar kapal terbesar di dunia. Singapura juga menjadi transit penerbangan untuk kawasan Asia Tenggara, Australia dan Eropa. Bandar Udara Changi Singapura memiliki jaringan seluas 80 maskapai penerbangan yang menghubungkan Singapura ke 200 kota di 68 negara. Bandara ini telah dimasukkan sebagai salah satu bandara internasional terbaik oleh Skytrax pada tahun 2006.

Transportasi

 

Namun sejak 28 September 2006, Bandara Suvarnabhumi menggantikan Don Meang sebagai Bandara di Bangkok. Bandara Suvarnabhumi terletak di sebelah Tenggara Bangkok di distrik Bang Phli, Provinsi Samut Prakan.

 

Victory Monument menjadi tempat tujuan bis tersibuk di kota ini, lokasinya yang berada tepat di pusat kota menjadikannya sebagai jalur bus tersibuk dengan dilalui oleh 20 jalur bus dan masih ditambah dengan stasiun BTS Skytrain (The Bangkok Mass Transit System). BTS merupakan jalur layang transportasi masal yang dioperasikan pada 5 Desember 1999 oleh Bangkok Mass Transit System Public Company Limited (BTSC) dibawah pengawasan Bangkok Metropolitan Administration (BMA). BTS terdiri atas 34 stasiun yang melayani 2 jalur dengan total panjang 36,45 kilometer.

 

 Jakarta, 4/5/2015

You have no rights to post comments