PHILIPS HUE Kendalikan Lampu dari Smartphone

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Philip-Hue-Edisi-35-Home-Appliance

Aplikasi Smarthome makin mudah saja, kini mengendalikan lampu di rumah bisa dari smartphone. Inilah teknologi Philips yang terbaru.

Mengendalikan lampu dari jarak jauh hanyalah angan-angan di masa lampau. Tetapi seiring perkembangan teknologi untuk aplikasi smarthome, kini berbagai kemudahan bisa diperoleh masyarakat. Misalnya, kini hanya dari ponsel cerdas kita bisa mengendalikan lampu di rumah dari jarak jauh. Inilah salah satu inovasi dari Philips Lighting Indonesia dengan memanfaatkan jaringan internet atau Internet of Things (IoT). Lampu pintar yang diberi nama Philips Hue, kini menjadi fokus pengembangan Philips Lighting Indonesia.

“Saat ini fokus kami memang pada pengembangan teknologi pencahayaan Led dengan memanfaatkan IoT. Apalagi masyarakat juga sudah beralih ke IoT,” kata Head of Communications Philips Lighting Indonesia, Lea Kartika Indra.
Dengan berbagai teknologi canggih yang sudah ditanamkan, lampu ini bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone. Kondisi lampu terang, redup, hingga mengubah warnah pencahayaan pun bisa dikendalikan dengan mudah. Hue terdiri dari tiga jenis, yakni Bulb, seperti bohlam biasa yang bisa dipasang di dalam maupun luar ruangan. Hue Go lebih ke lampu portable yang tersedia dengan 7 efek pencahayaan dan 5 efek dinamis. Adapun LightStrip adalah lampu fleksibel yang tersedia dalam ukuran 2-3 meter. Lampu ini bisa digunakan di bawah rak, lemari, dan furnitur serta perabotan lainnya.

Untuk bisa mengaplikasikan lampu cerdas ini, di rumah atau kantor sudah harus terkoneksi dengan internet Wi-Fi atau LAN. Kemudian pasang Hue Bridge sebagai pusat sistem yang menjadi penghubung antara smartphone dengan lampu Hue. Sedangkan Hue Dim Switch sebagai saklar nirkabel yang dapat menyimpan hingga 4 pengaturan pencahayaan berbeda.

Rangkaian Philips Hue, kata Lea, sudah tersedia di pasar Indonesia dengan  masa garansi 3 tahun. Harganya dibanderol mulai, Rp399.900 untuk LightStrip, Rp799.900 untuk Bulb, dan Rp999.900 ujntuk Hue Go. “Harga starter kit di Rp2.499.900,” ujar Lea. [Pius Klobor]