×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

NEW YORK The Big Apple

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

NEW YORK THE BIG APPLE

Julukan sebagai Big Apple pun saat ini masih menyimpan misteri. Pada awal tahun 1920-an, “Apple” telah digunakan dalam rujukan kepada aktivitas perlombaan pacuan kuda di dalam dan sekitar New York. “Apple” merupakan sebutan untuk hadiah dalam pacuan kuda. “Big Apple” pertama kali dipopulerkan oleh John J. Fitz Gerald dalam beberapa artikelnya di New York Morning Telegraph pada tahun 1920-an merujuk pada perlombaan kuda New York.

Menjelang akhir tahun 1920-an, penulis selain Fitz Gerald telah mulai menggunakan istilah “Big Apple” di luar konteks lomba kuda. Pada tahun 1930-an, sebuah lagu dan tarian yang populer bertajuk ”Big Apple” telah dihasilkan. Walter Winchell dan beberapa penulis lain terus menggunakan istilah ini dalam tahun 1940-an dan 1950-an.

Menjelang 1960-an, Big Apple yang hanya dikenali sebagai nama lama untuk New York. Pada awal tahun 1970-an, New York Convention and Visitors Bureau, di bawah kepimpinan Presidennya, Charles Gillett, mulai mempromosikan Big Apple untuk kota New York.

Geografi dan Demografi

Kota New York didirikan tahun 1613 yang merupakan salah satu kota di negara bagian New York. Kota dengan julukan Big Apple ini sering disebut sebagai New York City untuk membedakannya dari negara bagian New York, tempat kota ini berada.

Di kota ini terdapat pelabuhan alami besar di pantai Atlantik Amerika Serikat Timur Laut. Secara geografis terbagi dalam lima wilayah, yaitu : The Bronx, Brooklyn, Manhattan, Queens, dan Staten Island. Kota New York adalah salah satu kota terbesar di dunia dengan luas total 1.214,4 km2 yang terdiri dari daratan seluas 789,4  km2 dan selebihnya perairan. Di New York, suhu rata-rata tahunan adalah 12.1 °C.

Penduduk New York City diperkirakan paling tidak mencapai 8.491.079 jiwa dengan kepadatan 10.630 orang/km2.

Ekonomi

Produk Domestik Bruto (PDB) metropolitan New York pada tahun 2014 mencapai US$1.56 triliun. New York City telah menjadi pusat keuangan terbesar dalam perekonomian dunia sejak akhir Perang Dunia I. Manhattan adalah tempat bagi enam saham utama, komoditas dan bursa berjangka: American Stock Exchange, International Securities Exchange, NASDAQ, New York Board of Trade, New York Mercantile Exchange, and New York Stock Exchange yang memberikan kontribusi besar terhadap jasa keuangan dunia.

Sektor keuangan, asuransi, kesehatan, dan real estate membentuk ekonomi yang kuat di New York. Bayangkan Real estate sebagai pendorong utama ekonomi kota ini mempunyai total nilai seluruh properti di New York City lebih dari $796.6 miliar. Kota ini juga menjadi pusat yang paling penting untuk media, jurnalisme, dan penerbitan di Amerika Serikat.

Pariwisata

Beberapa jalan yang dikenal sangat identik dengan New York seperti Wall Street, Broadway, Madison Avenue, Fifth Avenue, dan juga Harlem. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di kota New York.

1. Patung Liberty

Patung Liberty adalah patung raksasa setinggi 93 m yang terletak di Manhattan, New York City, Amerika Serikat, tepatnya di sebuah pulau di New York Harbour yang disebut Liberty Island, yang merupakan tanda persahabatan dari bangsa Perancis untuk Amerika. Patung yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini menyandang status sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

2. Empire State Building

Empire State Building adalah gedung pencakar langit setinggi 443,2 m sebagai icon Kota New York yang terletak di Manhattan, tepatnya di persimpangan jalan Fifth Avenue dan West 34th Street. Wisatawan dan turis dapat masuk ke Empire State Building untuk naik ke dek observasinya di lantai 86 ataupun lantai 102 untuk melihat pemandangan kota New York.

3. Times Square

Times square merupakan sebuah persimpangan jalan yang sibuk sekaligus sebuah kawasan komersial terbuka di tengah jalan Broadway yang menjadi zona bebas kendaraan yang ramai dengan nyala lampu papan iklan warna-warni. Tempat yang menjadi pusat kawasan theater Broadway ini berada di Manhattan, New York City. Times Square merupakan salah satu tempat persimpangan pejalan kaki tersibuk di dunia dan sering dijuluki sebagai “The Crossroads of the World”.

4. Wall Street

Wall Street adalah sebuah kawasan di Manhattan yang menjadi pusat keuangan kota New York dengan panjang 1,1 km dan membentang dari Barat ke Timur, mulai dari Broadway hingga South Street. Daya tarik wisata utamanya adalah New York Stock Exchange (NYSE), Federal Reserve Bank of New York, Federal Hall, dan Trinity Church. Saat ini karena alasan keamanan, para wisatawan atau pengunjung sudah tidak bisa masuk lagi ke NYSE, kecuali yang memang ingin membeli saham. Sementara di Federal Reserve, pengunjung masih bisa melihat langsung ruang penyimpanan bawah tanah bank ini yang berisi emas dengan total nilai mencapai 100 milyar Dollar.

5. Fifth Avenue

Fifth Avenue adalah sebuah jalan utama yang berada di tengah Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Fifth Avenue terkenal sebagai jalan pusat perbelanjaan bergengsi, khususnya sepanjang jalan antara 49th Street dan 60th Street, yang memiliki deretan department store mewah dan juga butik fashion ternama seperti Louis Vuitton, Gucci, Prada, Armani, Channel, Nike, dan masih banyak lagi. Fifth avenue juga menjadi salah satu jalan pusat pertokoan termahal di dunia. Fifth Avenue antara 82nd dan 105th Streets juga terkenal sebagai Museum Mile di mana terdapat hingga 10 museum di sepanjang jalan ini saja.

Beberapa landmark nasional Amerika juga berada di sepanjang Fifth Avenue, yaitu Empire State Building, New York Public Library, Rockefeller Center, dan St. Patrick’s Cathedral. Kawasan belanja lain di Manhattan selain Fifth Avenue adalah Madison Avenue yang di penuhi dengan toko-toko pakaian dan aksesoris mahal.

6. Chinatown

Di kota New York, terdapat 6 perkampungan etnik Cina dan salah satunya berada di Manhattan. Chinatown di Manhattan adalah sebuah distrik yang menjadi daerah kantung etnik China tertua di luar Asia, sekaligus yang terbesar di belahan bumi bagian Barat, dengan populasi diperkirakan mencapai 90 ribu – 100 ribu orang.
Beberapa landmark Chinatown di Manhattan yang biasa menjadi tujuan wisata adalah Church of Transfiguration, Lin Zexu, dan patung Confucius.

7. Brooklyn Bridge

Brooklyn Bridge adalah salah satu jembatan gantung tertua di Amerika Serikat yang menjadi landmark kota New York. Jembatan ini membentang sepanjang 1825 meter di atas sungai East River di New York, dan menghubungkan Manhattan dan Brooklyn. Sejak selesai dibangun pada tahun 1883, Jembatan Brooklyn telah menjadi ikon kota New York. Dan karenanya jembatan ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di kota ini.

8. American National History Museum

American National History Museum atau ANHM adalah salah satu museum terbesar dan terkenal di dunia. Museum yang terletak di Manhattan, New York City, AS ini merupakan sebuah komplek yang terdiri dari 27 bangunan yang saling berhubungan dan memiliki 45 aula pameran, 1 planetarium, dan 1 ruang perpustakaan. Koleksi totalnya ada lebih dari 32 milyar spesimen, meskipun tentu saja semuanya tidak dipamerkan secara bersamaan.

Transportasi

Sebagian besar penduduk New York menggunakan jasa transportasi masal yang sangat efisien dan memudahkan untuk mengunjungi hampir semua lokasi di New York City selain mobil pribadi maupun taksi, baik taksi hitam maupun taksi kuning. Namun yang paling ‘harus’ dirasakan saat di kota New York adalah subway-nya atau kereta bawah tanah.

Subway New York City sudah merupakan trade-mark transportasi New York dan terkenal ke seantero Amerika yang beroperasi 24 jam per hari. Sekitar satu dari setiap tiga pengguna angkutan massal di Amerika Serikat dan dua pertiga dari pengendara kereta api, tinggal di New York dan sekitarnya. Hal ini berbeda di kota lainnya, dimana sekitar 90% dari penumpang mengendarai mobil ke tempat kerja mereka. New York adalah satu-satunya kota di Amerika Serikat di mana lebih dari setengah rumah tangga tidak memiliki mobil (di Manhattan, lebih dari 75% dari penduduk tidak memiliki mobil). Meski mengandalkan angkutan umum, perencanaan jalan pedestrian yang baik menjadi ciri kota ini.

New York Water Taxi (NYWT) namanya, transportasi ini beroperasi sejak tahun 2002. Salah satu perusahaan yang menaungi bidang ini ialah Circle Line Downtown. Dimulai dengan satu buah taksi air, kini berkembang menjadi lebih dari sepuluh NYWT dengan tipe dan ukuran yang beragam sebagai sarana bagi yang ingin menikmati keindahan panorama New York dari atas permukaan air. Taksi di New York City, dengan cat kuningnya, adalah ikon yang mudah dikenali di kota ini. Taksi ini dioperasikan oleh perusahaan swasta dan mendapatkan lisensi dari New York City Taxi and Limousine Commission. Komisi ini adalah lembaga pemerintah New York City yang dikenal karena mengawasi lebih dari 13.237 taksi yang beroperasi di seluruh kota. Komisi ini juga mengawasi 40.000 kendaraan sewaan lainnya, termasuk “mobil hitam”, van komuter dan ambulet. “Taksi medali” yang dikenal karena warna kuningnya adalah satu-satunya kendaraan di kota ini yang diperbolehkan mengangkut penumpang setelah penumpangnya melambaikan tangan di jalanan.

Selin itu sistem bus NY bekerja di lima wilayah di New York dan telah menjadi salah satu sistem transportasi utama komuter yang lebih murah daripada tarif taksi.

Pasar Properti

Harga jual rata-rata untuk rumah-rumah di New York adalah USD1.250.000 dengan peningkatan 5,7% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan kenaikan 2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Di wilayah Manhattan terjadi kenaikan harga sewa rata-rata mencapai 2% secara tahunan dengant tingkat kekosongan hanya 0,56% berdasarkan Douglas Elliman Real Estate. Rata-rata harga sewa diperkirakan sebesar USD 4.071 dengan rata-rata USD 52,45 per sq. ft. Harga sewa untuk apartemen di kisaran USD2.687 (studio) sampai USD8.874 (3 BR).

Sedangkan harga jual di Manhattan menyentuh rekor dalam triwulan III mencapai USD1.497 per sq. ft. Rata-rata harga jual apartemen meningkat 3% secara tahunan mencapai USD1.737.565. Pasar real estat di wilayah ini secara mengejutkan meningkat dibandingkan dengan melemahnya ekonomi global dan volatilitas di pasar saham. Sebagai gambaran Penthouse di The Charles terjual USD38 juta yang membuatnya sebagai apartemen paling mahal yang terjual di Manhattan selama triwulan III.

Di wilayah Brooklyn, harga rata-rata sewa mengalami kenaikan 2,1% mencapai USD 3.326, namun secara per sq. ft mengalami penurunan -1,1% menjadi sebesar atau USD 42,62. Rata-rata harga sewa apartemen berkisar antara USD 2.549 (Studio) sampai USD 4.643 (3 BR).

Sedangkan di wilayah Queens harga relatif mengalami kenaikan yang lebih tinggi 12,7% untuk sewa menjadi sebesar USD3.022 meskipun masih di bawah Manhattan. Sedangkan per sq. ft pun mengalami kenaikan 7,9% menjadi USD 44,19. Harga sewa apartemen disana berada di kisaran USD2.250 (Studio) sampai USD6.192 (3BR).

Perpajakan Properti

Berikut beberapa perpajakan properti di New York.:

- Property Tax
Pajak ini dibayarkan per triwulan. Nilai pajak adalah sebesar USD 1 per sq. ft per bulan bervariasi untuk apartemen dan bangunan lainnya. Bangunan baru memiliki pengurangan pajak, yang berarti lebih rendah dari USD 1 per sq ft per bulan yang umumnya dikenal sebagai pengurangan  pajak 421-A. Dalam 10 tahun pertama, pajak biasanya meningkat linear setiap dua tahun sampai tahun 10.
- Pajak Penghasilan
Tergantung pada tingkat pendapatan pemilik tetapi dengan asumsi pemilik hanya memiliki penghasilan dari satu properti di AS yang berkisar 20 persen dari penghasilan kena pajak. Sangat penting untuk dicatat di AS mengijinkan perhitungan depresiasi tahunan dalam investasi properti. Ini adalah beban penyusutan yang akan menghapus penghasilan kena pajak terutama di tahun-tahun awal kepemilikan.

- Estate (Inheritance) Tax
Warga AS memiliki pengecualian pajak warisan dibandingkan dengan pemilik properti oleh warga asing. Oleh karena itu pajak ini adalah isu pajak terbesar bagi pembeli asing karena bisa sampai 50 persen dari nilai properti.

- Capital Gains Tax
Pajak ini merupakan pajak atas keuntungan yang dikenakan atas laba transaksi penjualan properti. Dengan asumsi pemilik telah dimiliki properti selama lebih dari satu tahun, pajak keuntungan modal berkisar 22 persen (jika properti diadakan secara individual) sampai 40 persen (jika properti diadakan melalui badan atau perusahaan).

Untuk pemilik rumah tinggal, ada pembebasan pajak ini sebesar USD 250.000 untuk individu dan USD 500.000 untuk pasangan menikah. Untuk memenuhi syarat tersebut, pemilik harus telah tinggal di properti untuk setidaknya dua tahun. (Jkt,2/3/2016)

 

 

 

 

 

You have no rights to post comments