×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

Presiden: Dulu Saya Ngontrak 9 Tahun Baru Bisa Beli Rumah

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Presiden Jokowi meninjau rumah tapak bagi MBR di Villa Kencana Cikarang (Foto: Pius)

Rumah dengan harga mulai Rp 112 -141 juta dengan cicilan mulai Rp 750-900 ribu per bulan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Villa Kencana Cikarang, Bekasi, Kamis (4/5/2017). Dalam kesempatan tersebut, Presiden mendorong masyarakat agar segera membeli rumah mengingat harga tanah semakin tinggi. Jokowi juga sempat membagi kisah sembilan tahun hidup di rumah kontrakan sebelum akhirnya membeli rumah sendiri.

“Dulu juga saya kontrak rumah dengan tipe yang sama, dua kamar. Saya ngontrak selama sembilan tahun baru bisa beli rumah. Jadi daripada ngontrak, mendingan cicil tapi jadi rumah sendiri,” kata Presiden ketika berdialog dengan tiga konsumen Villa Kencana.

Sebelumnya, Jokowi juga meresmikan apartemen rusunami untuk kaum pekerja di wilayah Tangerang dengan harga yang cukup terjangkau. Cicilannya pun hanya sebesar Rp 1,2 juta per bulan. “Kalau di Tangerang rusunami jadi ke atas. Kalau di sini rumah tapak. Bedanya di situ. Kalau saya milih yang rumah tapak,” tegas Presiden.

Villa Kencana Cikarang dikembangkan oleh PT Arrayan Bekasi Development (SPS Group) dan didukung oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). Perumahan di atas lahan 105 hektar ini sudah dibangun sebanyak 4.734 unit dari total sebanyak 8.749 unit yang semuanya diperuntukan bagi MBR. Rumah tumbuh dengan ukuran 25/60 m2 terdiri dari 2 kamar tidur, dipasarkan mulai Rp 112 – 141 juta.

[Baca: Rekor MURI: 1.000 Rumah di Villa Kencana Cikarang Terjual dalam Satu Hari]

Presiden Jokowi berdialog langsung dengan tiga konsumen Villa Kencana Cikarang saat meresmikan rumah murah bagi MBR tersebut. (Foto: Pius)

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mendorong pentingnya masyarakat untuk segera memiliki rumah dikarenakan semakin tingginya harga tanah perkotaan, termasuk di kawasan industri. Ini juga menjadi alasan pemerintah untuk semakin giat mendorong pengadaan rumah murah bagi MBR.

“Saya senang sekali pembangunan rumah sederhana untuk rakyat seperti dilakukan di Villa Kencana Cikrang ini. Apalagi yang sudah akad mencapai 3.612 unit,” kata Presiden. Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan berbagai fasilitas, termasuk mensubsidi pembelian rumah melalui uang muka. “Inilah yang saya kira kita ingin bangun di seluruh kota di tanah air ini, karena sudah kita anggarkan di APBN,” tegas Jokowi.

Turut hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, juga Direktur Utama Bank BTN Maryono, serta Managing Director SPS Group Asmat Amin.

Untuk akses KPR FLPP, masyarakat cukup mengeluarkan DP sebesar 1% dan bunga cicilan 5% fixed hingga 20 tahun. Bahkan konsumen mendapatkan subsidi uang muka sebesar Rp 4 juta, yang termasuk pengurusan administrasi. Dengan begitu, cicilan rumah MBR di Villa Kencana ini dimulai dari Rp 750-900 ribuan per bulan.

“Hari ini kita lakukan akad kredit sebanyak 300 unit. Selanjutnya kami targetkan selama 7 hari ini akan teralisir sisanya sebanyak 1.200 unit,” kata Maryono. Villa Kencana juga dilengkapi dengan fasilitas sosial, seperti rumah ibadah, tempat olahraga dan bermain anak, termasuk fasilitas pendidikan.

Nah, Anda berminat? Kawasan perumahan ini berada di Jalan Raya Pulo Sirih No. 84, Sukajadi, Sukakarya, Bekasi, Jawa Barat. [Pio]

 

"Kunjungi pameran properti online di www.propertipedia.asia"

You have no rights to post comments