×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

Pendapatan Turun, Metland Tetap Optimis Capai Target Penjualan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Meski mengalami pelemahan pada 2015 lalu, namun pengembang properti nasional, PT Metropolitan Land Tbk (Metland) tetap optimis target penjualan hingga akhir tahun ini akan tercapai. Hingga saat ini, Metland terus mencermati masih adanya tantangan global, potensi gejolak politik, dan regulasi pemerintah yang mungkin dapat memengaruhi performa Perseroan.

"Pendapatan tahun lalu memang mengalami penurunan imbas pelembahan ekonomi yang terjadi di semua sektor, termasuk properti. Dan memang sangat terasa, terutama untuk penjualan properti kelas menengah ke atas," kata Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Nanda Widya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Senin, (23/5/2016).

[Baca: Metland Akan Garap 17 Proyek Baru]

Nanda yang baru saja ditetapkan menjadi Komisaris melalui RUPST tersebut berujar, walaupun pada laba bersih terjadi penurunan dibanding tahun 2015, untuk nilai aset dan ekuitas tetap mengalami peningkatan.

Nilai aset Perseroan pada 2015 tumbuh sebesar 11%, yaitu mencapai Rp 3,62 triliun dari Rp 3,25 triliun pada 2014. Sedangkan peningkatan ekuitas Perseroan adalah sebesar 9% dari Rp 2,03 triliun di 2014 menjadi Rp 2,21 triliun pada 2015.

Total nilai pendapatan Perseroan pada 2015 adalah sebesar Rp 1,09 triliun, melemah 2,5% dibanding pendapatan tahun 2014 yang dibukukan Perseroan sebesar Rp 1,12 triliun.

"Kami rasakan penurunan dari pendapatan, terutama dari pengoperasian perhotelan dan penjualan real estate untuk kelas menengah atas," tegas Nanda.

Lebih terperinci, kontribusi pendapatan Perseroan tersebut bersumber dari usaha penjualan real estate dan properti strata title sebesar 66%, dari pendapatan sewa pusat perbelanjaan sebesar 25%, dari pengoperasian hotel 8%, dan 1% dari pengoperasian pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain.

Dalam RUPST tersebut diungkapkan bahwa pada tahun buku 2015 Metland memperoleh laba bersih sebesar Rp 214,27 miliar atau turun sekitar 20% dari tahun 2014. Sementara penjualan dan pendapatan usaha turun sebesar 2,5% yang diikuti dengan penurunan laba bersih.

Komposisi Pengurus Baru

Dalam RUPST tersebut juga ditetapkan komposisi susunan pengurus yang baru dalam perusahaan dengan masa jabatan hingga tahun 2021 mendatang, yakni:

Direksi:
Presiden Direktur : Thomas J Angfendy
Wakil Presiden Direktur : Anhar Sudradjat
Direktur : Olivia Surodjo
Direktur : Wahyu Sulistio
Direktur : Nitik Hening Muji Raharjo
Direktur Independen : Santoso Darmawan

Dewan Komisaris:
Komisaris Utama : Ir. Ciputra
Komisaris : Aldo P Brasali
Komisaris : Ir. Nanda Widya
Komisaris : Rahul Bhattacharjee
Komisaris Independen : Kamardy Arief
Komisaris Independen : Leland Geritts Rompas [pio]

You have no rights to post comments