"Selamat Ulang Tahun Ir. Ciputra"

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

"SELAMAT ULANG TAHUN Ir. CIPUTRA"

Hari ini, boleh jadi hari yang paling bahagia dalam keluarga besar Ciputra. Pasalnya, Ir Ciputra, salah satu tokoh properti senior Indonesia itu tengah merayakan hari jadinya yang ke-84 tahun.

Ciputra lahir di Parigi, sebuah kota kecil di sudut Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 silam. Lahir dengan nama Tjie Tjin Hoan, keluarga sederhana dari pasangan Tjie Sim Poe dan Lie Eng Nio. Masa-masa sulit pernah dialaminya, terutama pasca ayahnya ditangkap dan dibunuh dengan tuduhan palsu pada jaman penjajahan Jepang, sekitar 1944 lalu.

Alumunus SMP Frater Donbosco Manado itupun akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Pulau Jawa. Sungguh sebuah keputusan yang amat berarti, lantaran di sinilah, titik awal Ciputra membangun kerajaan bisnisnya. Mental baja dengan sejumlah pengalaman berat yang pernah ia lalui bersama ibu dan kedua kakaknya telah membangun jiwa entrepreneur dalam dirinya. Insinyur arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) itu pun mulai bersinar di jagad properti nasional melalui PT Pembangunan Jaya yang kemudian berganti nama menjadi Ciputra Group, saat ini.

Melalui grup usahanya itu, Ciputra merambah ke berbagai sub sektor properti di berbagai wilayah Indonesia. Kini, Grup Ciputra yang berkiprah lebih dari 34 tahun itu telah memiliki 13 sektor usaha, yakni pengembangan perumahan, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, fasilitas rekreasi, pendidikan, kesehatan, agrikulutural, telekomunikasi, pusat kesenian, media dan digital. Namun usaha utama grup tetap berkiblat pada pengembangan perumahan skala besar dengan prinsip membangun kota. Dan tidak hanya di 38 kota di Indonesia, Grup Ciputra juga telah mengembangkan sayap bisnisnya ke berbagai negara di Asia, seperti Shenyang-China, Hanoi-Vietnam, dan Phnom Penh-Kamboja.

Kini, Dr. (HC) Ir. Ciputra dan isterinya Dian Sumeler tengah berbahagia menikmati usia senjanya di atas kesuksesan yang telah mereka raih. Kejayaan bisnisnya pun terus berlanjut oleh keempat anaknya, yakni Rina Ciputra Sastrawinata, Junita Ciputra, Candra Ciputra dan Cakra Ciputra. Meski tak lagi muda, jiwa entrepreneur-nya tetap menjadi panutan bagi banyak orang untuk belajar berwirausaha dan memajukan bangsa dan negara. 

"SELAMAT ULANG TAHUN Ir. CIPUTRA, SEMOGA PANJANG UMUR, SEHAT DAN BAHAGIA SELALU".

You have no rights to post comments