Pilah-Pilih Cara Bayar Cicilan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Property-Loan-Edisi-35Konsumen kini bisa mencicil langsung ke pihak pengembang. Ada pengembang berani menawarkan cicilan bertahap yang menyamai tenor KPR perbankan.

Bagi masyarakat kebanyakan yang ingin memiliki rumah, cara bayar lewat KPR atau KPA masih menjadi andalan. Pilihannya bisa KPR konvensional atau KPR syariah. Tinggal pintar-pintar konsumen memilih bank yang menawarkan KPR. Bisa dilihat dari suku bunga, kemudahan proses kredit hingga berbagai gimmick yang menarik buat konsumen. Pilihan bank biasanya yang bekerja sama dengan pihak pengembang. Konsumen tinggal pilih lewat bank mana untuk mencicil KPR-nya.

Suku bunga KPR biasanya menjadi pertimbangan utama konsumen saat membeli rumah lewat KPR. Beda sedikit saja suku bunga KPR bisa memengaruhi konsumen memilih bank. Pada moment-moment tertentu, bank biasanya menawarkan suku bunga KPR spesial kepada konsumen. KPR spesial ini biasanya tenggat waktunya terbatas. Harapannya konsumen cepat tertarik untuk segera mengambil KPR.

Bank BTN, misalnya, dalam rangka memperingati HUT ke-41, menawarkan suku bunga KPR khusus sebesar 4,10% fixed 1 tahun. Suku bunga special ini masih ditambah beberapa gimmick, seperti bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi, dan bebas biaya appraisal internal (plafond < Rp5 miliar). Program ini berlaku untuk akad kredit 1 Desember 2017-31 Januari 2018. BTN menawarkan tenor hingga 20 tahun. Sedangkan Bank Mandiri melalui KPR Take Over Special Pre Approved, menawarkan suku bunga special mulai 6,19 persen selama tiga tahun.

Tunai Bertahap

Ada satu lagi cara bayar yang ditawarkan kepada konsumen yaitu tunai bertahap langsung kepada pengembang atau cash installment. Konsumen tidak perlu mencicil lewat bank, tetapi bayar langsung ke pihak pengembang dengan cara mencicil beberapa kali. Biasanya konsumen yang berkantong tebal yang memilih cara cash installment. Selain ingin cepat cicilannya, konsumen pun tidak ingin direpotkan dengan segala tetek bengek yang diminta pihak bank pemberi KPR.

Awalnya tidak banyak pengembang yang menawarkan cara cash installment. Biasanya ditawarkan kepada konsumen yang tajir. Maklum, cicilannya dipastikan lebih besar karena masa tenornya pun singkat hanya 6-24 bulan. Tetapi sekarang banyak pengembang yang berani menawarkan tunai bertahap hingga 15 tahun atau setidaknya menyamai tenor KPR/KPA dari perbankan.

PT Sukses Indonesia Anugerah Property (SIAP), misalnya, menawarkan pembayaran cash bertahap hingga 15 tahun untuk proyek tahap kedua Bhuvana Village Regency, Cikasungka, Tangerang. Beberapa kemudahan ditawarkan pengembang, seperti libur bayar tiga tahun. Artinya, 50 persen dibayar langsung konsumen kepada pengembang, sisanya yang 50 persen dicicil tidak tahun kemudian. “Kemudian cicilan super ringan Rp300 ribuan per bulan secara bertahap 15 tahun,” kata Bakhtiar Azami, Direktur Marketing PT SIAP.

CitraLand Cibubur, perumahan yang menyasar segmen di Cileungsi menawarkan cash installment dengan tenor sebanyak 24 kali, dan tanpa DP  jika memilih cara bayar inhouse.  “Cukup bayar tanda jadi Rp5 juta dan bisa segera diproses,” ujar Galih PS Putri, Marketing Manager CitraLand Cibubur, saat ditemui di kantornya Cileungsi.  Saat ini CitraLand Cibubur sedang memasarkan mega klaster Monteverde di range harga mulai Rp500 jutaan.

Olympic Development yang baru memulai pembangunan Olympic City Bogor di akhir November lalu, juga menawarkan angsuran bertahap sebanyak 24 kali. Klaster pertama, Pine Garden seharga Rp700 juta dibuka dengan tanda jadi Rp10 juta, kemudian uang muka Rp70 juta yang bisa dicicil 12 kali.

Paramount Land di Gading Serpong punya program tunai bertahap yang disebut, step up 5 dan 8 tahun, tanpa DP dan cicilan bisa disesuaikan dengan kemampuan konsumen. Misalnya untuk 8 tahun, maka tahun ke-1 dan ke-2 bisa sesuai kemampuannya, seperti Rp10 juta per bulan. Kemudian tahun ke-3 dan ke-4 mungkin sudah naik menjadi Rp12,5 juta per bulan. Tahun ke-5 dan 6 naik lagi menjadi Rp20 juta per bulan. “Sisanya baru dilunasi di tahun ke-7 dan 8, dan pastinya lebih besar lagi. Itulah step up,” ungkap Muhammad Nawawi, Associate Director Paramount Land.

Sedangkan Banara Serpong yang mulai serah terima Januari 2018 sedang memasarkan unit tersisa, sekitar 15 persen dengan harga terkini Rp869 juta. Pengembang menawarkan cicilan bertahap hingga 12 bulan dengan pilihan uang muka 10-30 persen yang dapat dicicil 12 bulan.

Apartemen Cimanggis City, Depok, menawarkan cara bayar tunai bertahap hingga 48 kali tanpa bunga. “Bayangkan, dengan angsuran Rp2 jutaan per bulan saja mereka sudah dapat memiliki hunian eksklusif dengan fasilitas lengkap,” kata Sanggam Sitorus, Project Director Apartemen Cimanggis City. [Pius Klobor]