Pameran CASA Indonesia ke-9 Mendulang Sukses

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
Pameran Casa Indonesia (Ratna)

Pameran arsitek, design interior, seni, dan home appliance yang rutin diadakan oleh CASA Indonesia bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif ( BEKRAF), dan Dana Paint kali ini mengusung tema One Nation dengan menghadirkan instalasi desain, furniture, dan art yang lebih beragam yang menampilkan keunikan dan keunggulan masing-masing.

Menurut Cosmas D. Gozali selaku Exhibition Director CASA Indonesia 2018, “Dengan tema One Nation, keberagaman dan keunikanyang dimiliki bangsa Indonesia menjadi potensi yang harus dipertahankan dan dapat menjadi satu kesatuan yang unik. Melalui acara CASA Indonesia 2018, keberagaman karya desain di kurasi dan ditampilkan kepada pelaku kreatif maupun masyarakat umum.”

Pameran yang terselenggara selama empat hari menghadirkan Arsitek Internasional Giulio Cappellini sebagai inspirator arsitek dunia yang sekarang menjadi brand ambassador dari Istituto Marangoni. Giulio Cappellini juga hadir di sana sebagai pembicara seminar, pada Jumat, 01 Juni 2018 dengan tema “Cappelini’s Dream : The History of Company Project yang dihadiri oleh desainer muda, profesional dan umum.

Pameran yang sudah terselenggara sejak tahun 2010 ini tidak hanya menghadirkan seniman, atau arsitek mancanegara, namun juga memberi kesempatan untuk seniaman dan arsitek, dan desiner lokal memamerkan hasil karya mereka ke khalayak umum dengan mengikuti open call desainer yang diprakarsai oleh BEKRAF untuk mengisi salah satu area di pameran CASA Indonesia 2018. Dan terpilih 23 karya dari desainer-desainer lokal yang sebelumnya sudah lolos akurasi oleh Rina Renville selaku Interior Designer.

Selain itu pada acara kemarin, CASA Indonesia juga membuka peluang untuk para mahasiswa dan profesional muda yang ingin karyanya dikenal dan memperkenalkan label mereka sendiri dapat mengikuti CASA Design Challenge dengan kategori lomba desain furniture, lighting, dan kitchenware. Pemenang CASA Design Challenge 2018 mendapatkan kesempatan mengikuti summer course di Istituto Marangoni, Milan, Italia.

Ditahun yang ke-9 ini CASA Indonesia 2018 diikuti oleh 60 peserta tenant yang terbagi dalam beberapa zona kreatif, yaitu zona Designer Living Showcase berjumlah 10 desiner interior, desainer produk, dan arsitek.

Zona Architectural Project terdiri dari 52 arsitek yang tergabung dalam Indonesian Architecture Week at Seoul-traveling exhibition: Jakarta yang membawa serta karya-karyanya. Dan yang terakhir zona instalasi CASA Design Challenge Alumni yang menampilkan hasil kreasi para alumni CASA Design Challenge. [Harini Ratna]

You have no rights to post comments