Rucika Wavin, Bersatu Mengalirkan Air Sampai Jauh

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

COO PT Wavin Duta Jaya, Hendro Sugito (kiri) dan CSS Senior Manager PT Wavin Duta Jaya, Putra Wijaya (kanan), saat pelucuran merek baru Rucika Wavin di Jakarta, Selasa (18/7/2017) // Pius.

Rucika dan Wavin, dua merek bahan bangunan yang selama 40 tahun menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia kini bersatu. Sebuah startegi baru dari PT Wavin Duta Jaya sebagai upaya untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader industri sistem pipa PVC di tanah air.

Chief Operating Officer (COO) PT Wavin Duta Jaya, Hendro Sugito mengatakan, pertumbuhan populasi urbanisasi dan peningkatan belanja infrastruktur di segala sektor, yang didorong oleh kebutuhan akan sumber daya air yang terus meningkat, telah memicu persaingan bisnis pipa PVC menjadi semakin ketat dan kompetitif. Hal inilah yang mendorong perusahaannya untuk lebih kreatif dan inovatif menciptakan nilai tambah produk dan layanannya.

“Kami harus meningkatkan daya saing agar bisa mempertahankan posisi kami sebagaimana sebagai market leader di industri yang telah kami geluti selama lebih dari 40 tahun ini,” kata Hendro saat peluncuran brand baru, “Rucika Wavin” di Jakarta, Selasa (18/7/2017) lalu.

Beberapa hal ditegaskan Hendro sebagai upaya perusahaannya untuk tetap mempertahanan posisinya, sekaligus untuk meningkatkan daya saing. Pertama, pemerataan serta peningkatan kemampuan distribusi secara nasional.

Hingga saat ini, sebut Hendro, PT Wavin Duta Jaya telah memasok ratusan ribu kilometer pipa, serta ribuan fitting dari berbagai jenis untuk dipasang di jaringan air.

“Sudah kami lakukan, baik untuk air minum maupun untuk kebutuhan lainnya, di jutaan rumah tangga dan gedung di Indonesia,” terangnya.

Kedua, pemahaman yang baik akan budaya konsumen dan mitra usaha di masing-masing daerah. Ini dimaksudkan, lanjut Hendro agar perusahaan dapat memberikan layanan sesuai dengan keinginan mitra usaha dan kebutuhan pelanggan.

Ketiga, penguatan brand, sebagaimana tagline sekaligus semangat perusahaan, “Together makes us Stronger”. Menurut dia, langkah ini sebagai salah satu strategi tepat yang harus dijalankan guna menjaga pasar Rucika Wavin.

“Inilah strategi yang tepat untuk kami jalankan guna menjaga posisi kami sebagai market leader serta perusahaan yang berkelanjutan atau sustainable di masa depan,” tegasnya.

Adapun Rucika adalah merek lokal dengan teknologi Jepang yang telah memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun. Rucika hadir dengan lebih dari 300 variasi sambungan yang tersedia di seluruh pelosok Indonesia. Sementara Wavin adalah merek internasional yang berdiri lebih dari 60 tahun lalu di Eropa dan kini memiliki pengalaman di lebih dari 40 negara termasuk lebih dari 40 tahun di Indonesia. Wavin menyediakan variasi sistem perpipaan terlengkap berstandar internasional, mulai dari pipa PVC, HDPE, PPR, PVC-O, dan Low Noise.

“Kedua merek ini akan menjadi bagian dari salah satu strategi perusahaan untuk penguatan brand kami di pasar dalam rangka menjaga komitmen kami untuk terus mengalirkan kehidupan, dimana air mengalir sampai jauh,” kata Hendro.

PT Wavin Duta Jaya berdiri di Indonesia sejak 1973 dan tahun 1982 mulai memroduksi pipa PE (Polyethylene). Sementara sambungan pipa PVC, Rucika mulai diproduksi dan diluncurkan sejak 1988. Kemudian pada tahun 2006 pertama kalinya mulai memasuki sektor pembangunan gedung-gedung bertingkat, setelah sebelumnya lebih banyak ‘bermain’ di sektor ritel dan infrastruktur. Beberapa diantaranya, adalah Hotel JW Marriot Batam, Apartemen French Walk, Hotel Pulman Surabaya, Hotel Swiss Bellin Pekanbaru, Kemang Village, dan Residence 8.

Melalui penggabungan kedua brand tersebut, menurut Putra Wijaya, CSS Senior Manager PT Wavin Duta Jaya, akan semakin menambah kekuatan perusahaan untuk menjaga pangsa persaingan dengan produk sejenis lainnya.

“Kami juga sudah melengkapi produk-produk inovasi, khususnya untuk di gedung bertingkat. Misalkan, pipa PPR untuk air panas, kemudian pipa pembuangan Low Noise yang mampu menahan buangan air panas dan meredam suara. Jadi penggabungan dua brand ini tentu akan semakin menambah kekuatan kami,” urainya.

Putra juga menegaskan, bahwa penggabungan kedua merek tersebut sama sekali tidak mengubah kualitas produk, baik pipa maupun sambungannya. [Pius Klobor]

You have no rights to post comments