STOCKHOLM SWEDIA, MENIKMATI NEGERI ABBA

0
408
Stockholm terkenal sebagai kota terbersih di Eropa dengan obyek wisatanya yang menarik. Sistem transportasinya yang terintegrasi memudahkan para wisatawan.

{jcomments on}Stockholm terkenal sebagai kota terbersih di Eropa dengan obyek wisatanya yang menarik. Sistem transportasinya yang terintegrasi memudahkan para wisatawan.

Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama Swedia. Bagi pecinta bulu tangkis nama Swedia tidak asing lagi karena sebagai salah satu negara terkuat di cabang bulu tangkis di Eropa selain Denmark. Sementara bagi penggemar lagu-lagu lawas, yang teringat adalah grup musik ABBA. Sebuah grup musik pop yang terdiri dari Benny Andersson, Björn Ulvaeus, Agnetha Fältskog, dan Anni-Frid Lyngstad yang berasal dari Stockholm, Swedia.

Ibukota Swedia adalah Stockholm yang sekaligus menjadi kota terbesar di Swedia. Sebuah kota yang terdiri dari beberapa kepulauan yang berada di tepi laut Baltik. Letak geografis Stockholm berada di area South-Central, Pesisir Timur Swedia. Kota ini merupakan salah satu daerah metropolitan terbesar di Eropa. Lebih dari 30 persen luas Kota Stockholm terdiri dari jalur air dan 30 persen lagi terdiri dari ruang hijau. Seperti juga kota-kota besar lainnya di Eropa, Kota Stockholm terkenal sebagai kota terbersih di Eropa. Ini bisa dilihat dari yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), Kota Stockholm memiliki tingkat pencemaran lingkungan di bawah batas maksimum yaitu 10 mikrogram per meter kubik.

Kota Stockholm terbagi dalam tiga wilayah administratif, yaitu Pusat Kota Stockholm, Stockholm Selatan, dan Stockholm Barat. Pusat Kota Stockholm terdiri dari distrik Kungsholmen, Norrmalm, Sodermalm, dan Ostermalm. Stockholm Selatan terdapat distrik Enskede-Arsta-Vantor, Farsta, Hagersten-Liljeholmen, Skarpnack, dan Alvsjo. Distrik Bromma, Hasselby-Vallingby, Rinkeby-Kista, dan Spanga-Tensta berada di Stockholm Barat. Norrmalm terkenal sebagai distrik perbelanjaan terbesar di Swedia. Kuliner dan sovenir khas Swedia dapat ditemukan di distrik ini.

Kota Stockholm adalah pusat keuangan Swedia dengan produk regional bruto terbesar di Swedia. Kota ini mendapatkan predikat Triple A dari Standard and Poor’s Rating’s Services pada tahun 2013 tentang pengelolahan keuangan kota yang sangat baik. Sebagai ibukota negara, kantor-kantor bank besar dan asuransi berkantor pusat di Stockholm. Bursa saham terbesar di Swedia yaitu Bursa Saham Stockholm (Stockholmsborsen) juga berada di kota ini.

Lebih dari 45 persen perusahaan-perusahaan asal Swedia maupun mancanegara berkantor pusat di kota ini, seperti IBM perangkat lunak asal Amerika Serikat, Ericsson perusahaan telekomunikasi, Electrolux produsen alat-alat elekronik dan industri fesyen terbesar H & M berkantor pusat di Stockholm.

Pariwisata

Pariwisata menjadi penyumbang pendapatan daerah yang cukup besar untuk Kota Stockholm. Kota ini tercatat sebagai destinasi wisata terbesar ke-10 di Eropa. Lebih dari 10 juta wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal berkunjung ke Stockholm per tahunnya. Pada tahun 2012 Stockholm menjadi peringkat ke sembilan sebagai kota tercepat pertumbuhan turis menurut laporan European Cities Marketing Benchmarketing.

Pertumbuhan wisatawan terus memingkat sejak sepuluh tahun terakhir, dengan total wisatawan menginap di Stockholm sebanyak 10,7 juta wisatawan. Wisatawan terbesar berasal dari beberapa negara seperti Jerman, Inggris, Amerika, dan Norwegia. Dikutip dari laman stockholmbusinessregion.com, peningkatan jumlah wisatawan mulai terlihat sejak awal tahun 2012. Wisatawan domestik meningkat sebanyak 2,8 persen dan wisatawan mancanegara meningkat sekitar 2,1 persen. Untuk tahun-tahun berikutnya Stockholm berusaha menggaet turis dari Asia seperti China, Jepang, dan India.

Pariwisata Swedia
Kota Stockholm: Tercatat sebagai kota tujuan wisata terbesar ke-10 di Eropa

Banyak destinasi wisata yang tersohor di Kota Stockholm. Wisatawan yang senang dengan museum bisa mengunjungi Vasa atau Vasamuseet yaitu museum kemaritiman yang terletak di pulau Djurgarden, Stockholm. Museum Vasa yang berdiri tahun 1991 ini diambil dari nama sebuah kapal perang yang tenggelam pada tahun 1628 yang menelan banyak korban. Museum Vasa berisi sejarah tenggelamnya kapal perang Vasa, replika kapal perang, beberapa artefak yang diselamatkan dalam musibah tenggelamnya kapal ini.

Pungunjung juga bisa menikmati film yang diputar selama 25 menit yang menceritakan kehidupan di kapal, perang laut, dan tentang navigasi pada abad ke-17.
Anda yang senang dengan keindahan istana, Stockholm Palace atau The Royal Palace layak Anda datangi. Stockholm Palace adalah sebuah istana kerajaan terbesar di dunia dengan 608 kamar yang berfungsi hingga saat ini. Pengunjung dapat masuk ke dalam istana sekaligus berkeliling dalam museum Tre Kronor. Terdapat fasilitas tur dalam beberapa bahasa untuk pengunjung selama 45 menit. Museum lainnya yang menarik adalah Skansen, sebuah museum yang sekaligus kebun binatang tertua di Swedia. Tak kalah menarik kota tua yang terkenal dengan bangunan-bangunan arsitektur Brick Gothic, yaitu Galma Stan berada di pulau Stadsholem, Stockholm.

Transportasi

Transportasi umum di Stockholm sudah terbilang nyaman, mudah, dan teratur. Semua trasportasi umum di kota ini sudah terintegrasi mulai dari kereta, metro, hingga bus kota. Transportasi umum untuk jalur darat seluruhnya dikelola oleh Stocklhom Lokaltrafik. Stocklhom Lokaltrafik adalah penyedia layanan tiket terusan untuk semua transportasi umum di Stockholm dan jalur transportasinya dapat dilihat di website resmi Stocklhom Lokaltrafik. Sedangkan untuk operasi dan perawatan transportasi umum di pegang oleh para kontraktor, seperti MRT untuk Meto, Cummuter untuk kereta komuter, dan Veolia transport untuk pengoperasian kereta.

Transportasi masal

Bus kota dapat dinaiki di setiap pemberentian bus yang ada di semua jalan di Stockholm. Kemudian metro yang disebut Tunnelbana atau T-bana, kereta bawah tanah yang terdapat di Stockholm. Penumpang dapat naik dari stasiun yang terdapat logo T besar yang diambil dari T-bana. Kereta commuter di Stockholm disebut Pendeltag dengan stastiun-stasiun yang bertanda huruf J besar. Kereta commuter ini menjangkau daerah-daerah yang ada di pinggir Stockholm. Transportasi lainnya adalah Tram yang disebut Tvarbanan adalah LRT yang terhubung pada setiap jalur bus, commuter atau pun menuju metro.

Sedangkan untuk menuju bandara di Stockholm memiliki sistem transportasi yang berbeda yaitu dengan menggunakan bus khusus bandara seperti, Flygbussarna, Swebus, dan Arlanda Express. Selain jalur darat Stockholm juga terkenal dengan jalur laut, yaitu ferry menjadi moda transportasi untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lain yang ada di Stockholm juga menuju ke negara lain seperti ke Finlandia.

Sistem pembayaran transportasi umum di Stokholm semua sudah menggunakan kartu multi trip. Kartu tersebut terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jangka waktu aktifasinya. Untuk wisatawan dapat memilih Travel Card sesuai kebutuhan berapa hari menetapnya. Travel Card terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Travel Card 24 jam dengan harga 120 Krona Swedia setara Rp197.110. Travel Card 72 jam seharga 240 Krona Swedia yaitu setara dengan Rp393.600. Travel Card dengan durasi 7 hari seharga 315 Krona Swedia yaitu setara dengan Rp516.600.

Properti

Harga properti di Stockholm terus meningkat terutama untuk rumah landed yaitu peningkatannya mencapai 14 persen pertahun. Di tahun 2016 harga rata-rata rumah di Stockholm mencapai 5.500.000 Krona Swedia, setara dengan Rp8,9 milliar. Sedangkan untuk rata-rata nasional di Swedia harga rumah di tahun yang sama sekitar 2.800.000 Krona Swedia, setara dengan Rp4,5 milliar. Untuk di di Kota metropolitan Stokholm harga rumah sudah mencapai 6.895.000 Krona Swedia setara dengan Rp11 milliar.

Untuk harga sewa di Stockholm tipe apartemen satu kamar dari harga 4.300 sampai 8.500 Krona Swedia per bulan, setara dengan Rp7 juta sampai Rp13 juta per bulan. Tipe apartemen dengan dua kamar sekitar 6.500 Krona Swedia per bulan setara dengan Rp10 Juta per bulan. Untuk harga sewa rumah dengan tiga kamar sekitar 11.600 Krona Swedia sampai 13.055 Krona Swedia per bulan setara dengan Rp 19 juta sampai Rp21 juta per bulan. Sedangkan untuk harga sewa rumah dengan lima kamar kisaran 25.000 Krona Swedia per bulan setara dengan Rp 41 juta per bulan.

Pajak

Perpajakan di Stockholm sama seperti di kota-kota lain yang ada di Swedia. Pajak dipungut dari tiga bagian yaitu dari kotamadya, dewan daerah, dan pemerintah pusat. Pajak terbagi menjadi empat bagian yaitu pajak pertambahan nilai, pajak penghasilan, capital gain, dan pajak perusahaan. pajak pertambahan nilai di Swedia rata-rata sebesar 25 persen dari harga barang yang di jual. Namun untuk makanan dan service hotel dikenakan pajak pertambahan sebesar 12 persen. Sedangkan untuk penjualan tiket sepeti tiket konser, tiket acara kebudayaan dan tiket perjalanan dikenakan pajak tambahan sebesar 6 persen.

Untuk pajak penghasilan di Swedia dan kota-kota di dalamnya termasuk Stockholm sebesar 32 persen. Pajak tersebut di bebankan pada perusahaan yang akan membayarkan pajak penghasilan para karyawannya setelah satu tahun terdaftar sebagai wajib pajak. Untuk capital gain Swedia telah menetapkan tarif flat sebesar 30 persen. Sedangkan untuk pajak perusahaan dikenakan 22 persen.

Penyaluran pajak yang sudah diterima kotamadya, dewan daerah, dan pemerintah pusat akan disalurkan ke beberapa aspek seperti 27 persen pajak yang sudah diterima pemerintah disalurkan untuk pendidikan dan kesehatan. Kemudian 5 persen dari total keseluruhan pajak disalurkan untuk kepolisian dan militer. Dan 42 persennya disalurkan untuk jaminan sosial. (Harini Ratna/dari berbagai sumber) ●{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here