PANTAI PAYANGAN PESONA DI JEMBER SELATAN

0
165
pantai jember

Jember tidak hanya beken dengan Jember Fashion Carnaval. Pantai Jember layak Anda nikmati, salah satunya Pantai Kayangan yang tidak kalah cantik dari Pantai papua.

pantai jember

Bersyukurlah bangsa Indonesia karena diberi pantai yang begitu panjang dan indah. Sebagai negara yang dihuni ribuan pulau yang membentang di bawah khatulistiwa, Indonesia dianugerahi begitu banyak pantai yang pesonanya memanjakan mata Anda. Rasanya, tidak perlu ke luar negeri untuk menikmati pantai berpasir putih dan sepoi-sepoi nyiur pohon kelapa di pantai. Cukup menyambangi pantai-pantai indah di berbagai daerah Indonesia. Apabila Anda ingin menikmati pantai, Kabupaten Jember adalah salah satu daerah yang patut Anda sambangi. Jember tidak hanya memiliki Pantai Tanjung Papuma sebagai tujuan wisata yang sudah terkenal. Satu pantai lagi di Jember yang patut masuk radar Anda untuk tujuan wisata adalah Pantai Payangan. Beberapa tahun belakangan ini Pantai Payangan mulai berbenah agar menjadi tujuan wisata di Jember. Sama seperti Pantai Tanjung Papuma, Pantai Payangan sebelumnya hanya merupakan perkampungan nelayan.

Lokasi Pantai Payangan terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Jember. Pengunjung yang datang ke Pantai Payangan belum dikenai retribusi berupa tiket masuk ke pantai. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang dikelola oleh masyarakat sekitar pantai.

Ada beberapa alternatif perjalanan bagi wisatawan yang akan ke Pantai Payangan. Anda yang menggunakan kendaraan pribadi relatif lebih mudah menuju pantai. Anda tinggal mengikuti papan petunjuk arah atau panduan dari google map. Jika ke Jember menggunakan transportasi kereta api, dari stasiun Jember perjalanan bisa dilanjutkan dengan sewa kendaraan (mobil atau motor).

Kalau Anda menggunakan bus ke Jember, dari terminal Tawang Alun bisa dilanjutkan dengan bis perintis pariwisata (Damri). Tetapi Anda harus tahu betul keberangkatan bus Damri karena terbatas jam keberangkatannya. Opsi lainnya adalah menggunakan jasa transportasi online.

Sampai di lokasi Pantai Payangan Anda akan melihat tiga bukit yaitu Bukit Semboja, Suroyo dan Seruni. Semua bukit ini bisa didaki pengunjung untuk melihat pesona pantai dari atas bukit. Akses jalan ke bukit dibuat oleh masyarakat sekitar dan pengunjung dikenakan tarif Rp5.000 per orang untuk mendaki ke atas. Masing-masing puncak bukit menampilkan view yang berbeda dan semuanya sangat memanjakan mata wisatawan.

pantai jember
Bibir pantai: Susuri pantai setelah hunting sunrise
pantai jember
Sisi selatan Payangan terdapat padang sabana yang sering digunakan pengunjung untuk berkemah

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Payangan adalah menjelang sore atau pagi hari. Ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati suasana senja hari atau menjelang matahari terbit. Salah satu keunggulan Pantai Payangan adalah lokasinya yang strategis di mana pengunjung bisa menikmati sunrise dan sunset dalam satu area.
Jika ingin bermalam di pantai, tidak jauh dari pantai sudah ada tersedia beberapa penginapan dengan tarif yang bervariasi. Kalau Anda membawa perlengkapan kemping, bisa juga buka tenda di camping ground dengan harapan cuaca cerah sehingga dapat bonus menikmati gugusan bintang.●

Text : John R. Tambunan | Foto: John R. Tambunan, Hamzah Alex Saifullah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here