Modernland Mulai Bangun Kawasan Industri Halal Pertama dan Terbesar

0
107
kawasan industri halal
Seremoni peletakan batu pertama Modern Halal Valley, cluster halal industry pertama dan terbesar di Indonesia yang dilakukan di ModernCikande Industrial Estate, Cikande, Serang, Banten, Rabu (10/10/2018)./ Foto: Yuniar Santo

Malaysia dan Thailand adalah dua negara tetangga yang sudah lebih dahulu fokus pada industri makanan dan minuman halal. Sayangnya, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbanyak justru hanya menjadi pasar produk halal bagi negara lain. Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia dengan nilai ekonomi mencapai 197 miliar dolar AS, disusul Turki yang mencapai 100 miliar dolar AS.

Potensi besar inilah yang kemudian dimaksimalkan oleh PT Modern Industrial Estat, pengembang ModernCikande Industrial Estate (MCIE), yang juga anak usaha PT Modernland Realty Tbk. Pengembang mempelopori pembangunan kawasan industri halal pertama dan terbesar di Indonesia, yakni Modern Halal Valley.

Komitmen pengembang ini akhirnya mulai diwujudkan dengan seremoni peletakan batu pertama kawasan industri halal di ModernCikande Industrial Estate (MCIE), Cikande, Serang, Banten, Rabu (10/10/2018).

Baca Juga: ModernCikande Akan Bangun Halal Industry Pertama dan Terbesar di Indonesia

Modern Halal Valley, merupakan sebuah cluster industri halal terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia seluas 500 hektar. Cluster ini nantinya merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park.

“ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam mewujudkan visi Indonesia membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat di sela seremoni peresmian penentuan lokasi untuk Cluster Modern Halal Valley.

“Jadi nantinya, dalam kawasan industri halal ini akan diterapkan atau sesuai dengan standar halal Internasional, mulai dari hulu sampai hilir,” katanya.

Kegiatan simbolis dengan peletakan batu pertama tersebut dihadiri oleh segenap Jajaran Direksi, Komisaris dan Management PT Modern Industrial Estat beserta Jajaran Direksi, Komisaris dan Management PT Modernland Realty Tbk.

Hadir juga Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim; Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal, Nifasri; Direktur Eksekutif Himpunan Kawasan Industri, Fahmi Shahab; Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia, Adhi Lukman dan Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Irfan Sukarna.

Lebih lanjut Pascall mengatakan, melalui Modern Halal Valley, ModernCikande Industrial Estate siap memfasilitasi investor industri halal, baik dari lokal maupun asing.

Modern Halal Valley, sebut Pascall, merupakan zona industri halal yang merangkul nilai-nilai standar halal internasional, memenuhi standar tertinggi mengenai halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan. Modern Halal Valley menyediakan berbagai kebutuhan penunjang bagi ekosistem halal yang lengkap untuk produksi halal yang efisien serta pendistribusian domestik dan ekspor ke pasar internasional.

“Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air,” kata Pascall.

Tahap Awal

Sebagai tahap awal, akan dilakukan pembangunan laboratorium halal yang diikuti oleh uji fungsi, setup ruangan, pelatihan, dan pendukung operasional lainnya.

Dengan adanya laboratorium halal ini, tentunya akan memudahkan proses sertifikasi halal yang diperlukan, baik industri skala besar, maupun kecil menengah (UKM).

Lebih lanjut, Modern Halal Valley ini ke depannya akan menjadi hub bagi Indonesia sebagai pelaku industri halal dunia, yang berperan sebagai pintu keluar masuk produk-produk halal berskala internasional.

Baca Juga: ModernCikande Siap Jajaki Kerjasama dengan Investor Taiwan

Cluster industri halal yang terintegrasi di ModernCikande Industrial Estate ini telah didukung fasilitas dan infrastruktur modern yang telah terintegrasi serta memiliki akses pada jaringan pasar halal global. Kawasan industri halal ini juga akan menyediakan jasa layanan yang membantu dan memberi informasi kepada investor asing terkait semua hal tentang investasi di Indonesia.

Modern Halal Valley

“Semua model dan jenis industri halal akan difasilitasi,” tegas Pascall.

Dia berharap, melalui kawasan industri halal yang terintegrasi ini mampu mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia dan membantu Indonesia tak hanya menjadi pasar namun juga menjadi pemain di Industri halal global.

“Kami optimis zona industri halal di ModernCikande Industrial Estate akan diminati karena ModernCikande Industrial Estate memiliki banyak keunggulan yang diperlukan oleh investor dan pelaku industri,” ujar Pascall.

Pada tahap awal ini juga, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional yang dibagi dalam beberapa sektor. Mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya.

Modern Halal Valley juga menyediakan ruang komersial bagi perusahaan yang aktif dalam bisnis halal, perdagangan, dan perbankan baik skala nasional, Asia dan dunia. Modern Halal Valley juga merupakan tempat yang tepat bagi para wirausahawan untuk menumbuhkan ide-ide baru dan ingin berkontribusi dalam industri halal global melalui Indonesia.

“Karena itu Modern Halal Valley mengundang para investor untuk berpartisipasi dalam pasar halal terbesar di dunia yaitu Indonesia,” kata Pascall.

Generasi Terbaru

Modern Halal Valley dikembangkan dengan mengusung konsep lahan hijau. Bisa dibilang, Modern Halal Valley adalah generasi terbaru dari pengembangan kawasan industri modern yang memenuhi standar tertinggi dalam memenuhi standarisasi halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan.

Modern Halal Valley menyediakan lahan premium bagi perusahaan yang ingin menjadikan Indonesia sebagai basis bagi bisnis internasional mereka dalam hal produksi dan perdagangan halal.

Baca Juga: Modernland dan Waskita Bangun Kota Mandiri “Toll Road City” 350 Hektar

Menariknya, Modern Halal Valley juga merupakan rumah bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang dalam keberadaan industri halal memiliki peran strategis sebagai industri pendukung bagi penyediaan bahan baku serta produsen produk konsumen untuk pasar Indonesia dan internasional. Untuk UKM, Moderncikande Industrial Estate menawarkan bangunan dengan ukuran 1.250 meter persegi yang dapat digunakan sebagai pabrik maupun fasilitas penyimpanan dengan standar halal internasional.

Saat ini, dari total lahan 3.175 hektar, luas lahan yang telah dikembangkan di ModernCikande Industrial Estate mencapai 40%. Dalam kondisi teraktual, lebih dari 250 perusahaan baik lokal maupun multinasional dari berbagai ragam jenis usaha telah mempercayakan ModernCikande Industrial Estate sebagai rumah bagi usaha dan bisnis mereka.

Antara lain, perusahaan F&B, chemical, diikuti perusahaan steel, metal product & smelter serta perusahaan di bidang home & building materials. ModernCikande Industrial Estate diyakini akan terus berkembang, dari kawasan industri menuju Integrated City.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here