5 Taman Kota Tercantik di Dunia

0
340
Taman Kota Central Park, New York, AS

Central Park, New York, AS

Taman Kota Central Park, New York, AS

Taman seluas 315 hektar ini berada di tengah Kota New York, tepatnya di Manhattan, jantung kotanya New York. Taman tematik yang di desain oleh arsitektur lanskap dunia, yaitu Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux didirikan pada tahun 1857. Central Park taman lapang dengan hamparan rumput hijau yang menghadap langsung ke kota. Taman ini menjadi tempat rekreasi yang nyaman di tengah kota.  Terdapat danau buatan, tersedia  lintasan sepeda, jogging track untuk berolah raga, arena bermain anak, kawasasan perlindungan hewan liar dan ice skating.

Landschaft Park, Jerman

Taman Kota Landschaft Park, Jerman

Landschaft Park didirikan pada tahun 1991 di Duisdurg, Jerman, yang semula bekas lahan pabrik pertambangan. Arsitektur lanskap Peter Latz adalah orang yang mengubah lahan tersebut menjadi taman dengan tema perindustrian. Peter latz tidak meruntuhkan bangunan yang sudah ada sebelumnya, tetapi menyulapnya mejadi sebuah taman indah. Bangunan besi berkarat yang menjulang tinggi dihiasi instalasi lampu yang berpendar indah di malam hari. Taman seluas 180 hektar ini dapat dikunjungi setiap hari oleh wisatawan dan masyarakat sekitar dengan gratis.

Keukenhof, Lisse, Belanda

Taman kota Keukenhof, Lisse, Belanda

Keukenhof adalah taman kota dengan tumbuhan bunga Tulip terbanyak di dunia. Taman ini dibuat pada tahun 1949 oleh calon wali kota Lisse. Awalnya taman ini dibuat untuk mengumpulkan koleksi bunga-bunga dari para petani bunga di seluruh Belanda dan Eropa agar dapat di pamerkan ke seluruh masyarakat. Menurut situs resmi taman Keukenhof, taman dengan luas 32 hektar ini memiliki sekitar 7 juta kuntum bunga yang mekar setiap tahunnya. Taman ini dibuka untuk umum hanya setahun sekali, yaitu pada bulan April hingga pertengahan Mei, karena di bulan tersebut adalah waktu yang tepat untuk melihat bunga tulip yang indah mekar.

Stanley Park, Kanada

Taman Kota Stanley Park, Kanada

Taman Kota Stanley dibuat pada tahun 1911 hingga tahun 1937 merupakan hasil karya dari William Stanley Rawlings, Kepala Pertamanan Vancouver. Taman ini hampir seluruhnya dikelilingi oleh air yang berasal dari Pelabuhan Vancouver dan Teluk Inggris. Stanley Park memiliki luas sekitar 405 hektar dengan berbagai macam fasilitas rekreasi alam di dalamnya. Stanley Park telah menjadi tamah terbaik di dunia dengan penghargaan yang didapatkan pada tahun 2014, yaitu sebagai taman terbaik di seluruh dunia versi Trip Advisor. Stanley Park dilengkapi dengan jalur hutan, pantai, danau, area bermain anak, dan Aquarium Vancouver.

Namba Park, Jepang

taman kota Namba Park, Jepang

Namba Park memiliki konsep taman yang berbeda dari biasanya, yaitu taman yang mengantung di lantai 8 di sekitar bangunan perkantoran dan mall Namba, kota Osaka, Jepang. Namba Park dibuat pada tahun 2003 yang terhubung langsung dengan stasiun Namba. Namba Park diisi oleh berbagai macam jenis tanaman sayuran, air terjun buatan, dan berbagai jenis batu alam. Sensasi berbeda akan dirasakan di taman ini adalah ketika malam hari. Pengunjung bisa menikmati pertunjukan langsung yang sering diadakan di taman ini sambil ditemani lampu-lampu geddung tinggi di sekitarnya. ‚óŹ (Harini Ratna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here