HELSINKI NOKIA, UJUNG TOMBAK KEMAJUAN TEKNOLOGINYA

0
40

Helsinki kini sedang menikmati kemajuan ekonominya. Kota ini ramah untuk pengguna sepeda dengan tidak kurang 100 stasiun sepeda.

Baca Juga :

Nama Ibukota Finlandia, Helsinki, akan selalu diingat rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Aceh, karena di ibukota inilah naskah perjanjian damai antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ditandatangani di Kota Helsinki. Perjanjian pada Agustus 2015 yang disebut MoU Helsinki mengakhiri konflik panjang selama puluhan tahun antara Pemerintah Indonesia dengan GAM. Kita tentu berharap MoU Helsinki akan abadi, seabadi Kota Helsinki.

Sebagai ibukota negara, Helsinki menduduki posisi sebagai kota terbesar di Filnlandia yang terletak di bagian selatan Finlandia, tepatnya di tepi laut Finlandia dan Laut Baltik. Di sebelah utara, Helsinki berbatasan langsung dengan Kota Tallinn, Estonia. Di timur laut berbatasan dengan Kota Stockholm, Swedia, dan sebelah barat dengan Kota Saint Petersburg, Rusia.

Daerah ibu kota Helsinki terdiri dari empat kabupaten, yaitu Helsinki, Espoo, Vantaa, dan Kauniainen. Keempat wilayah ini menjadi metropolitannya dari Finlandia. Terutama Helsinki menjadi pusat bisnis, keuangan, mode, hiburan, media, dan budaya di Finlandia. Dengan posisi sebagai ibukota negara, bisa dimaklumi kalau sekitar 70 persen perusahaan mancanegara yang beroperasi di Finlandia membuka kantornya di Helsinki.

Sebagai salah satu kota terindah dan maju di Eropa, Kota Helsinki telah beberapa kali mendapat penghargaan. Seperti tahun 2012 kota ini terpilih sebagai World Design Capital oleh Dewan Internasional Perkumpulan Desain Industri. Sebelumnya, Helsinki juga pernah dinobatkan sebagai kota layak huni di dunia berdasarkan indeks kota layak huni dunia versi majalah Inggris, Monocle di tahun 2011. Pada tahun 2016, dari survei yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit, Helsinki menempati peringkat ke-9 dari 140 kota di dunia sebagai kota dengan kelayakan hidupnya. Kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa atau 23 persen dari populasi nasional penduduk Finlandia.

Helsinki masuk jajaran kota-kota terkaya di Eropa. Kota ini menyumbang sekitar sepertiga dari PDB Finlandia. PDB Kota Helsinki mencapai 40 miliar Euro setahun atau 34 persen dari PDB nasional negara Finlandia. Keuntungan yang didapat Kota Helsinki dari sektor publik dan layanan terkait informasi teknologi (IT). Ekonomi di kota ini menjadi penggerak pada berbagai sektor bisnis, seperti jasa keuangan, perdagangan, logistik, manufaktur, pariwisata dan teknologi.

Saat ini Finlandia sedang menikmati pertumbuhan ekonominya setelah sempat mengalami resesi ekonomi di tahun 1990 hinggaEkonomi Finlandia mulai membaik bersamaan dengan masuknya negara ini menjadi anggota Uni Eropa. Tercatat Finlandia menjadi negara pertama di kawasan Nordik yang bergabung ke dalam sistem moneter Euro. Teknologi informasi telah membantu perekonomian Finlandia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi cepat dari rata-rata negara Eropa lainnya dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini.

Finlandia yang semula sumber penghasilannya dari sektor pertanian kini menjadi negara dengan teknologi tinggi yang menopang pertumbuhan ekonominya. Tentu kita masih ingat dengan telepon seluler sejuta umat yaitu Nokia yang menjadi ujung tombak keberhasilan teknologi komunikasi Finlandia.

Transportasi

Transportasi publik di Helsinki terdiri dari layanan bus, trem, metro, kerata api lokal, feri, dan sepeda. Sistem transportasi tersebut dikelola oleh satu pihak, yaitu Helsinki Region Transport atau dalam bahasa Finlandia disebut Helsingin Seudun Liikenne (HSL). Rute yang dilewati mencakup Kota Helsinki, Espoo, Kauniainen, Vantaa, Sipoo, Kirkkonummi dan Kerava.

Sistem transportasi publik di Helsinki dibagi menjadi tiga zona, yaitu zona satu adalah mencakup pusat Kota Helsinki. Zona dua adalah regional meliputi wilayah Metropolitan Helsinki atau wilayah di sekitar Helsinki. Untuk zona tiga adalah seluruh regional yang meliputi seluruh wilayah Metropolitan Helsinki, dengan tambahan kota Kerava, Kirkkonummi, dan Sipoo.

Transportasi Trem adalah transportasi tertua di Helsinki sudah ada sejak tahun 1900 dan mulai dikembangkan pada tahun 1950. Jalur Trem terdiri dari 12 jalur yang dijalankan dari beberapa wilayah pusat kota, namun satu jalur, yaitu jalur 8 berada di luar jalur kota. Untuk transportasi Metro pertama kali beroperasi pada tahun 1982 dari pinggir kota menuju daerah timur Finlandia. Daerah barat mulai dibangun jalur Metro pada tahun 2006 hingga ke Espoo dan lanjut ke Helsinki di tahun 2009 dari ujung timur Mellunkla sampai ke Ostersundom.

Saat ini Metro menjadi transportasi utama penduduk di Helsinki yang terdiri dari dua jalur Metro, yaitu M1 dan M2 dengan total 25 stasiun pemberhentian.

Helsinki juga memiliki moda transportasi commuter line yang melayani rute perjalanan wilayah timur laut dan barat laut dari pusat Kota Helsinki yang dioperasikan oleh VR, yaitu perusahaan kereta api milik pemerintah Finlandia.

Selain itu, Helsinki memiliki dua jalur feri yang beroperasi menghubungkan wilayah Suomenlinna menuju daratan Helsinki, dan satu jalur lagi menghubungkan daratan ke kebun binatang Korkeasaari. Helsinki juga memiliki sistem sepeda yang melayani daerah pusat kota terdiri dari 50 stasiun sepeda dengan jumlah sepeda sebanyak 500 buah. Sistem sepeda mulai diperbanyak pada tahun 2017 dengan tambahan 100 stasiun sepeda dan 1000 buah sepeda.

Pariwisata

Helsinki adalah kota modern yang menjadi salah satu pusat budaya di Eropa Utara. Secara budaya Helsinki dipengaruhi oleh timur dan barat, menjadikan gaya arsitektur modern dan bersejarah dipertunjukkan di seluruh sudut kotanya. Kota ini juga mempertahankan ruang terbuka hijau yang menjadi inti identitas Finlandia. Terdapat danau di sekeliling kota, hutan kota, dan laut Baltik menambah nilai plus untuk wisatawan yang gemar dengan suasana alam.

Beberapa lokasi bersejarah yang wajib dikunjungi salah satunya seperti Museum Terbuka Seurasaari atau Seurasaari Openair Museum berlokasi di Pulau Seurasaari, Distrik Seurasaari, Helsinki. Museum yang lebarnya mencakup satu pulau ini menjadi museum terbuka satu-satunya yang ada di Finlandia. Terdiri dari 87 bangunan kayu, rumah penduduk, peternakan, dan kandang kuda yang berusia lebih dari empat abad. Bangunan tersebut dikumpulkan langsung dari seluruh penjuru Finlandia dan ditata kembali dalam satu pulau. Pemandu Museum pun disediakan dengan menggunakan pakain ala petani Finlandia zaman dulu untuk menambah keaslian suasana.

Wisata sejarah selanjutnya yang sekaligus menjadi wisata alam di Helsinki terdapat Pulau Soumenlinna. Pulau ini juga dinobatkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Pulau ini dikelilingi benteng pertahanan kokoh yang sudah ada sejak 1748, dibangun oleh kerajaan Swedia untuk pertahanan dari serangan Rusia. Sekarang Pulau Soumenlinna menjadi tempat piknik populer bagi penduduk kota ketika musim panas tiba.

Sedangkan untuk di tengah Kota Helsinki terdapat banyak bangunan gereja yang bersejarah seperti Gereja Katedral Uspenski di Semenanjung Katajanokka. Katedral Helsinki, bangunan gereja putih ala Yunani kuno berlokasi di Senat Square. Ada juga Temppeliaukio Kirkko atau Chruch of The Rock yaitu bangunan gereja full batu alam solid dengan kubah terbuat dari tembaga sangat berbeda dengan bangunan gereja yang ada di sana.

Pajak

Pajak di Kota Helsinki agak berbeda dari wilayah lain di Finlandia juga dari negara lain. Pendapatan Kota Helsinki atas pajak terdiri dari pajak kota, pajak properti, dan pajak anjing. Kota ini memiliki keunikan tersediri dengan mengenakan pajak untuk anjing peliharaan yang tinggal di rumah di kota tersebut. Pajak anjing tersebut dikenakan sebesar 50 Euro per ekornya, yaitu sekitar Rp 500 ribuan.

Untuk tarif pajak kota sebesar 18,5 persen dari pendapatan kota yang diterima di tahun 2017. Sedangkan pendapatan Kota Helsinki sendiri mencapai total 3,0 miliar Euro atau sebesar Rp8.291 triliun. Untuk tarif pajak properti umum di Helsinki sebesar 0,80 persen. untuk tarif pajak bangunan tempat tinggal dikenakan pajak sebesar 0,37 persen. Dan tarif pajak untuk bangunan situs yang belum berkembang dikenakan pajak sebesar 2,30 persen.

Semua dana pajak yang dikumpulkan tersebut akan dialirkan untuk biaya operasional tahunan kota. Biaya operasional tahunan Kota Helsinki sendiri mencapai sekitar 4,7 miliar Euro. Total pengeluaran tersebut tidak akan tercover seluruhnya dari pendapatan pajak yang di terima kota. Untuk menutupi kekurangan pengeluaran kota tersebut, Kota Helsinki menanggung tersebut dengan utang yang di bebankan kembali pada penduduk kota.

Properti

Harga properti di Helsinki rata-rata mengalami kenaikan sepanjang tahun 2018 ditengah suku bunga merendah dan membaiknya kondisi ekonomi negara Finlandia. Hal tersebut dibuktikan melalui data stasistik Finlandia, mulai dari rumah lama atau seken rata-rata naik sebesar 2,95 persen menjadi 3.666 Euro per mater persegi yaitu setara dengan Rp 59 juta per meter persegi.

Sedangkan untuk tempat tinggal baru di Helsinki naik sebesar 7,22 persen menjadi 4.962 Euro per meter persegi sekitar Rp 79 juta per meter persegi. Untuk harga rata-rata apartemen naiknya sebesar 3,7 persen menjadi 3.898 Euro per meter persegi yaitu sekitar Rp 62 juta per meter persegi. Untuk rumah bertingkat kenaikannya sebesar 2,32 persen menjadi 3.310 Euro per meter persegi yaitu sekitar Rp 53 juta permeter persegi.

Kenaikan harga tersebut namun tidak berjalan lurus dengan permintaan pasar yang terus turun. Dalam sebelas bulan di tahun 2018, diketahui total transaksi tempat tinggal lama turun sebesar 8,2 persen menjadi 53.849 unit. Penurunan permintaan tersebut sudah terjadi sejak tahun 2016. Dari rata-rata yang didapat oleh statistik Finlandia di Kota Helsinki turun sebesar 8,9 persen dan 8 persen di seluruh Finlandia. ● (Harini Ratna/dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here