Genap 17 Tahun, LJ Hooker Indonesia Transformasi ke Teknologi Digital

0
371
LJ Hooker Indonesia
Hody Kuntohadi, Country Director LJ Hooker Indonesia (tengah) dalam perayaan ulang tahun ke-17 LJ Hooker Indonesia sekaligus peluncuran buku “9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital”, di Gramedia Central Park, Jakarta, Sabtu (10/11/2018)./ Foto: Pius Klobor - Propertyandthecity.com

Perusahaan agen properti asal Australia, LJ Hooker Indonesia merayakan hari jadinya ke-17 tahun di Indonesia, sekaligus dengan peluncuran buku “9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital” di Gramedia Central Park, Jakarta Barat, Sabtu (10/11/2018). Bersamaan dengan perayaan HUT LJ Hooker International ke-90 tahun yang bertema “90 Years of Innovation”.

Hody Kuntohadi, Country Director LJ Hooker Indonesia mengatakan bahwa yang menjadi filosofi dasar dari LJ Hooker adalah “Property is not just about building. It’s about people, environment & technology”. Sehingga di usianya yang ke-17 tahun ini, lanjut Hody, LJ Hooker akan fokus pada pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki Passion, Persistence, Integrity, Innovation, Knowledge dan Team Work dengan memaksimalkan penggunaan Property Technology (Proptech).

Baca: Ini Janji Direktur LJ Hooker di Ulang Tahun ke-15

“Ini adalah cara untuk mengantisipasi datangnya industri 4.0 saat sebagian pekerjaan manusia akan tergantikan oleh robot dan kecerdasan buatan,” ujar Hody.

Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut, LJ Hooker Indonesia telah meluncurkan aplikasi LIDIA (LJ Hooker Indonesia Digital Assistant). Apalikasi ini bertujuan untuk membantu para agen properti berkolaborasi dalam menjual dan menyewakan properti.

Menurut Hody, saat ini pemerintah juga melakukan pembangunan yang merata ke seluruh Indonesia, tidak hanya berpusat di Jawa saja. “Untuk mengatasi kendala jarak dan waktu tersebut, maka diperlukan teknologi sebagai alat bantu,” tegasnya.

Adapun platform e-learning Property Mastery juga dipakai untuk melahirkan para Property Consultant (PC) yang memiliki kompetensi tinggi. Ke depannya LJ Hooker juga akan meluncurkan aplikasi REBORN (Real Estate Business Opportunity Referral Network) yang dapat menjadi wadah komunitas bagi para pelaku bisnis properti untuk saling bekerja sama dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi semua orang untuk berusaha, baik sebagai seorang PC atau sebatas referral saja.

“Industri properti memiliki turunan 176 industri di dalamnya. Ada banyak bidang pekerjaan yang terlibat. Bila industri properti ini maju, maka akan dapat menggerakkan ekonomi negara juga, khususnya untuk rumah tinggal dengan segmen harga di bawah Rp500 juta,” terang Hody.

Koperasi Properti

Selain melalui aplikasi digital, LJ Hooker juga telah membentuk wadah Koperasi Jasa Pengembang Properti Indonesia atau disebut Kosperti. Menurut Hody, ini merupakan bentuk konkrit di sektor real estate guna membantu pemerintah dalam mewujudkan pencapaian target sejuta rumah.

“Ada dua kepentingan, baik untuk internal maupun eksternal. Untuk internal, kami ingin memperjuangkan semua marketing, principal dan semua karyawan LJ Hooker harus punya aset properti,” jelas Hody.

Sedangkan untuk eksternal, lanjutnya, Kosperti punya kelebihan, diantaranya pengadaan rumah untuk harga di bawah Rp300 juta, alternatif boleh dengan koperasi, dalam bentuk kolektif.

“Saya yakin dengan pendekatan koperasi bisa lebih terjangkau dan lebih aman,” katanya.

Kosperti sudah berdiri dengan badan hukum tertanggal 17 Agustus 2018 yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Kata Hody, dengan adanya Kosperti ini stakeholder lainnya seperti developer, buyer, lembaga keuangan juga turut terbantu dalam penyediaan data base buyer.

Keanggotaan koperasinya nantinya dibuka untuk umum. Sebagai tahap awal, dikhususkan kepada marketing LJ Hooker yang berjumlah sekitar 800-1.000 marketing di Indonesia.

Bagi anggota Kosperti wajib menyetor tabungan pokok sebesar Rp500.000 sekali seumur hidup, tabungan wajib Rp100.000 tiap bulan, dan tabungan sukarela sesuai dengan rencana anggota tersebut.

“Cicilan untuk rumah tetap ke bank. Koperasi lebih sebagai jembatan untuk membantu anggota mendapatkan properti, seperti untuk cicilan uang muka dan lainnya,” jelas Hody.

Quantum

Ditambahkan Oka M Kauripan, Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia, tahun lalu LJ Hooker Indonesia fokus pada customer service quality. Tahun ini mempersiapkan semua platform yang ada untuk menjadi lompatan besar (quantum) bagi agen properti yang memanfaatkan teknologi digital.

Baca: Strategi Ciputra Group 2017: Rebut Pasar Melalui Inovasi Digital Marketing

“Tahun depan LJ Hooker Indonesia fokus menjalankan program yang merupakan lompatan besar yang mengembangkan kemampuan dan jaringan,” kata Oka.

Lebih lanjut Oka mengatakan, LJ Hooker optimis akan terus berkembang di Indonesia karena para PC mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman. LJ Hooker merupakan tempat yang paling tepat untuk menjadi seorang PC. Di sinilah semua PC di-training dan mendapat bimbingan dengan baik, lingkungan kerja yang nyaman, saling support satu sama lain dan yang pasti yakni sangat akrab dan kekeluargaan suasananya.

“Di LJ Hooker, kami membantu mengembangkan jiwa sosial entrepreneurship bagi seluruh Property Consultant (PC) dan staff sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi masyarakat Indonesia,” jelas Oka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here