DAPUR FRESH

0
354

Dalam membuat desain dapur ada beberapa hal yang harus diperhatikan sesuai kebutuhannya. Seseorang yang menggunakan dapur hanya untuk menghangatkan makanan maka desain dapur akan berbeda dengan pemilik dapur yang akan mengolah makanan dari bahan mentah sampai menjadi makanan.

Setelah melihat kebutuhan akan dapur maka muncul konsep tipe kitchen set yang digunakan apakah Linear, tipe L, bahkan tipe U. Kebutuhan juga mempengaruhi bentuk dan jumlah storage pada kitchen set. Harapannya kitchen set dapat memiliki manfaat yang tepat.

Dapur pada gambar memiliki fungsi penting bagi pemiliknya sehingga dapur mempunyai area yang cukup luas. Kitchen set pada dapur ini memiliki tipe L karena kitchen set yang terletak di sudut rungan membentuk siku-siku, yang menarik pada kitchen set ini adalah terdapatnya jendela yang berukuran cukup besar sehingga memutus rangkaian kitchen set, hal ini membuat kitchen set terlihat tidak monoton.

Pemilihan warna natural beige pada dapur dipadukan dengan warna dinding hitam dan lantai coklat membuat dapur terlihat mewah dan hangat. Saat ini memang sedang lagi tren dapur yang didesain seminimalis mungkin dan sesederhana mungkin, akan tetapi tetap terasa aman jika dipakai untuk memasak. Model dapur yang sederhana bukan berarti tidak terlihat bagus dan juga tidak rapi.
Penambahan island di tengah dapat disesuaikan dengan besaran ruang dan fungsi dari dapur itu sendiri. Dan setelah menentukan tipe kitchen set tidak lupa untuk memerhatikan keindahan dan kenyaman dari dapur.

Perletakan posisi kitchen set pada gambar juga terlihat sangat menyenangkan bila terdapat bukaan jendela. Si pengguna dapur dapat melakukan proses mencuci dan memasak sembari melihat ke arah luar, tidak seperti kebanyakan kitchen set. Terdapatnya jendela pada dapur membuat kesan semakin luas dan cahaya matahari dari luar dapat menghemat penggunaan lampu pada siang hari.

Dapur telah menjadi vocal point dari sebuah rumah, sebagian besar aktivitas rumah tangga berada di area ini. Sehingga keindahan dan kenyamanan sebuah dapur sangatlah penting. Tipe Linear yang digunakan pada dapur, bentuk storage, dan pemilihan warna putih biru pada dapur membuat area dapur terlihat sangat bersih, rapi dan nyaman.

 

Bentuk storage pada kitchen set sangat tepat diterapkan pada konsep minimalis, dapur mempunyai island yang berfungsi sebagai sink dan storage, dan island ini berdampingan dengan meja makan yang tetap memiliki kesatuan karena kesamaan warna pada top table-nya. Warna hitam pada top table menjadikan nilai tambah pada dapur karena noda akan tersamarkan.

Di area dapur banyak terdapat tambahan elemen dekorasi seperti adanya frame yang menghiasi dinding dengan tambahan efek pencahayaan spotlight, built-in furniture dengan bentuk menyerupai kitchen set, table lamp, dan dining chair berbahan dasar kayu.

Pada gambar dapat dilihat bahwa konsep dapur dibuat tidak terpisah dari area ruangan pada rumah lainnya hal ini karena dipengaruhi besar ruangan yang terbatas.

Hanging lamp adalah elemen yang sangat penting pada konsep desain dapur ini terutama pemilihan bentuknya. Hanging lamp yang terletak tepat di tengah ruangan dapur membuat dapur terlihat menyatu dengan area ruang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here