Candra Ciputra President Director PT. Ciputra Property Tbk.

0
216
CandraCiputra

CANDRA CIPUTRA

PRESIDENT DIRECTOR PT. CIPUTRA PROPERTY TBK

“Tahun 2015 tetap ada demand. Saat ini beberapa kota memiliki potensi pasar yang besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Banyak developer menyasar kelas menengah dengan harga di bawah Rp1 miliar.”

 

Kelompok usaha Ciputra menatap optimis prospek bisnis properti tahun 2015  yang berpeluang besar bertumbuh dengan kisaran 10 – 15%. Keyakinan ini didasarkan beberapa faktor, fluktuasi inflasi yang terjaga relatif stabil serta situasi politik yang relatif kondusif walau sedikit menggangu karena prosesnya yang cukup panjang. Meskipun telah terjadi kenaikan BI Rate namun dalam waktu ke depan akan turun. Para pelaku bisnis berharap tahun 2015 ini perekonomian Indonesia dapat tumbuh sesuai ekspektasi pemerintah.

 

Selain itu di tengah instrumen investasi lainnya, seperti saham, emas, kurs Rupiah dan lain sebagainya -yang kurang stabil, properti kembali membuktikan sebagai instrumen investasi yang paling diminati sepanjang masa. Bahkan pada kondisi krisis pun harga properti tidak ada yang turun, dan sebagai investasi, properti memiliki dua keuntungan utama, yakni capital gain (kenaikan harga tanah dan bangunan yang pasti) dan yield  (penerimaan sewa) juga terus meningkat.

 

Inilah alasan kuat mengapa Ciputra Group terus melakukan ekspansi usaha, dengan membuka proyek-proyek baru di kota-kota besar seluruh Indonesia. Pada tahun ini akan ada 10 proyek baru yang tersebar di beberapa kota. Harga properti akan mengalami kenaikan paling tinggi 10%. Pada tahun ini potensi untuk berkembang  tetap ada dan animo masyarakat akan kembali tinggi.

 

Beberapa kejadian ekonomi dan kondisi pasar global tetap harus diantisipasi. Walau demikian, di tahun 2015 tetap akan ada demand. Selain harus mengemas proyek dengan baik, faktor lokasi juga akan jadi penentu. Seperti properti di daerah, saat ini beberapa kota memiliki potensi pasar yang besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi daerah tersebut yang terus berkembang. Selain itu pasar yang paling cepat jualannya adalah kelas menengah dengan harga di bawah Rp1 miliar. Potensi pasar ini cukup besar dan terus berkembang sehingga developer kebanyakan akan menyasar kelas ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here