BP Batam Komitmen Rampungkan Jalan Tol Menuju Nongsa

0
388

Salah satu rencana proyek jumbo, Nuvasa Bay, oleh Sinar Mas Land di Nongsa, Batam

Kepala Kantor Pengelolaan Lahan, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) Imam Bachroni mengemukakan bahwa rencana pembangunan jalan lingkar luar atau outer ring road dari Batam Center menuju Nongsa menjadi komitmen BP Batam untuk segera direalisasikan.

“Nongsa memang cukup dikenal, bahkan di mancanegara dengan wisata pantainya yang sangat bagus. Kami sebagai pengelola kawasan di sini tentu bertanggung jawab juga mendukungnya melalui penyediaan sarana dan infrastruktur,” ujar Imam Bachroni kepada Property and The City, belum lama ini.

Meski tak memastikan kapan persisnya rencana jalan tol tersebut direalisasikan, namun Imam Bachroni menegaskan bawah jalan tol tersebut tetap akan dibangun untuk semakin mendukung pengembangan Nongsa sebagai kawasan pariwisata.

[Baca: Sinar Mas Land Ajak Developer Indonesia Bangun Nuvasa Bay]

“Rencana ini tetap menjadi komitmen kami untuk mengerjakannya. Kita tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja karena masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sesuai dokumen master plan kawasan Pulau Batam tahun 1979, Nongsa direncanakan sebagai kawasan pariwisata. Maka sekitar tahun 1982 kawasan ini mulai dibangun, mulai dari penataan wilayah, infrastrukturnya, hingga tempat-tempat wisata. Kemudian beberapa investor mulai masuk dan membangun hotel, resort, dan penginapan di wilayah ini.

“Jadi memang sudah diatur bahwa Nongsa adalah kawasan wisata yang akan terus dikembangkan sebagai salah satu wilayah terbaik di Batam. Maka dari itu, kami pun akan terus mendukung pembangunan di sana,” tegasnya.

Saat ini memang sudah terdapat akses jalan menuju Nongsa yang cukup memadai. Namun dengan adanya jalan tol nanti, maka waktu tempu yang sedianya memakan waktu hingga 45 menit dari Batam Center bisa terpangkas hingga 15 menit saja ke wilayah itu.

Tidak heran, banyak pengembang yang semakin gencar membangun wilayah itu. Salah satunya Sinar Mas Land (SML) yang tidak ragu kembali mengembangkan proyek jumbo bernama Nuvasa Bay – The New Face Of Batam.

[Baca: Batam Bakal Punya ‘Wajah’ Baru]

Proyek ini akan dibangun sebanyak 1.100 unit rumah bertaraf internasional di atas tanah seluas 228 hektar. Selain lokasi yang strategis, SML mengintregitaskan lokasi hunian yang ekslusif dengan fasilitas resort yang dikelilingi pantai dan lapangan golf berkelas Internasional.

CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra mengatakan, Nuvasa Bay sengaja dibangun di Batam, khususnya di wilayah Nongsa karena melihat lokasi yang strategis dan mudah di akses. Dimana Batam menjadi salah satu gate utama untuk masuk dan keluatr Indonesia.

“Nongsa ini juga akan terkoneksi ke Batam Center melalui outer ring road yang akan dibangun BP Batam, termasuk beberapa jembatan penghubung. Sehingga keseriusan BP Batam ini tentu akan menjadi poin positif bagi pengembangan kawasan Nongsa. Dan oleh sebagian besar masyarakat Batam yang masih menganggap Nongsa jauh dari kota, maka tantu hal ini akan terbantahkan,” kata Ishak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here