BEDROOM Style

0
173

BEDROOM Style

Kamar tidur merupakan area yang paling pribadi di dalam rumah, dimana penghuni rumah beristirahat setelah melakukan aktivitas sehari-hari, dan juga merupakan area penghuni menyimpan barang-barang pribadi mereka. Oleh karena itu kamar tidur harus didesain dengan baik sehingga dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi penghuni.

Material dan warna pada kamar tidur sangat mempengaruhi suasana yang dirasakan ketika berada di ruangan tersebut. Warna netral seperti putih pada lantai dan dinding, kemudian coklat muda pada furnitur yang merupakan warna natural digunakan untuk menciptakan suasana nyaman, kemudian warna hitam sebagai kombinasi dapat memberikan ketenangan. Walaupun warna netral merupakan warna yang baik untuk kamar, ada baiknya warna-warna tersebut dikombinasikan dengan beberapa warna lain sebagai harmoni atau dapat menjadi focal point yang menjadi fokus ruang.

Focal point dapat berupa bentuk atau warna pada table lamp, warna pada bed cover, dan peletakan aksesoris interior seperti lukisan. Perlu diketahui bahwa warna dapat mengubah suasana, sehingga sebaiknya tidak terlalu banyak digunakan agar tidak mengganggu kenyamanan kamar tidur, dan ruangan jadi terasa berat. Salah satu contoh warna yang dapat digunakan adalah warna jingga, jingga merupakan warna yang mewakili optimisme, kehangatan, keceriaan dan mampu merangsang pandangan mata.
Style kontemporer pada furnitur dengan bentuk sederhana seperti pada tempat tidur dan side table dengan material natural seperti kayu merupakan pilihan yang baik bagi kamar tidur karena memberikan kesederhanaan, kehangatan, dan kenyamanan dari alam. Jendela pada kamar tidur perlu diperhatikan posisinya dimana dapat membiarkan cahaya matahari masuk ke ruangan pada pagi hari, namun tidak membuat kamar terasa panas pada siang hari, terutama pada area tempat tidur.

Bohemian Style

Desain interior kamar tidur ini menggunakan bohemian style. Desain interior bergaya Bohemian memiliki ciri khas desain yang ‘ramai’. Ramai di sini berarti desain interiornya kaya akan berbagai macam warna. Pada kamar tidur ini ada desain pola pada pemasangan frame photo atau pajangan dindingnya dan print yang terdapat pada selimut pada tempat tidurnya. Aksesoris dengan banyak sentuhan personal membuat tampilan kamar tidur ini semakin tampak bertekstur dan sangat detail.

Bohemian menjadi gaya yang sebagian besar digunakan oleh wanita. Gaya ini diaplikasikan melalui tekstur yang feminis, misalnya renda, kepang, sulam, rajut, dan rumbai-rumbai. Motif yang mendukung gaya Bohemian misalnya kantha, tekstil georgia, dan suzani. Jika sulit menemukannya, gunakan saja motif batik 2 warna cerah atau batik pinggiran. Motif dan tekstur feminism biasa diterapkan melalui bed cover, sprei, cushion, korden, throw, maupun karpet. Seperti pada gambar di atas, motif diterapkan pada selimutnya. Pada bantalnya juga terdapat unsur poster atau art yang mendukung gaya Bohemian.

Kebutuhan akan tempat beristirahat yang layak terus berkembang dan menyesuaikan dengan gaya hidup penghuni kamar tersebut. Kamar tidur adalah penunjang utama untuk bersantai dan beristirahat. Kamar tidur merupakan tempat pribadi sesorang untuk melakukan aktifitasnya setiap hari. Sehingga kamar tidur harus dapat memberikan kenyamanan pada penghuninya.

Modern Contemporary

Pada desain interior kamar tidur ini, menggunakan style modern contemporary. Untuk pemilihan colour scheme pada ruang ini, menggunakan nuansa earthy tone seperti warna coklat tua dan light grey dipadukan dengan warna putih sehingga memberikan kesan terang dan luas pada ruang. Penggunaan warna biru dan abu-abu juga digunakan sebagai warna tambahan pada kamar. Penggunaan warna biru dan abu-abu hanya digunakan pada bed cover, karpet dan throw pillow.

Untuk pemilihan material, pada dinding dan ceiling menggunakan cat dipadukan dengan material lantai menggunakan parquet, pemilihan bahan lantai parquet juga sangat cocok digunakan pada kamar ini. Penggunaan parquet berwarna coklat ini membantu memberikan kesan kuat dan memberikan kesan hangat pada kamar ini.

Pemanfaatan cahaya matahari juga sangat membantu pencahayaan yang merata pada ruangan. Cahaya matahari juga dapat memberikan kesan luas pada ruang kamar terkesan lebih.(Jkt,26/11/2015)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here