Amerika Segera Bangun Gedung 12 Lantai dari Kayu

1
250

Amerika Segera Bangun Gedung 12 Lantai dari Kayu

Amerika tengah mempersiapkan pembangunan gedung pencakar langit yang terbuat dari kayu. Proyek yang berlokasi di Portland, Oregon ini direncanakan mulai pada Oktober 2016.

Gedung multifungsi yang direncanakan setinggi 12 lantai tersebut merupakan kolaborasi antara firma lokal Lever Architecture dan pengembang properti, Project^.

Thomas Robinson, Founder Lever Architecture, mengungkapkan bahwa proyek yang akan dikerjakan tersebut merupakan sebuah upaya dalam memadukan dan memberikan dampak kehidupan yang lebih baik dengan lingkungan. “Melalui proyek ini kami akan mengeksplor hubungan antara material, pengalaman, dan lingkungan. Kami juga akan membuat dampak atas kehidupan dan lingkungan dalam sebuah kesatuan. Kami sangat tertarik pada proyek ini,” katanya.

Kayu memiliki keunggulan dari penggunaan bahan-bahan seperti beton atau baja. Kayu disebut lebih flesibel dan lebih ringan, namun tetap kokoh. Lebih dari itu, penggunaan material kayu pada gedung tersebut juga diyakini lebih menghemat energi jika dibandingkan dengan material pada umumnya pada gedung serupa. Tidak hanya itu, emisi karbon pada gedung itu juga lebih rendah.

Struktur bangunan yang diperkirakan akan rampung pada akhir tahun 2017 ini dikatakan akan lebih menonjolkan desain yang inovatif yang terpusat di sekitar inti vertikal yang terlihat dan ditutupi dek atap kolom kayu.

Untuk kerangka dan panel pada bangunan tersebut dirancang dari tumpukan kayu. Sedangkan untuk lantai dan langit-langit dari kayu yang dilapisi lem pada balok dan kolomnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here