5 Makam Termegah di Dunia

0
599

Mausoleum Vladimir Lenin, Rusia

Tokoh revolusi Rusia, Vladimir Lenin yang wafat pada tahun 1924 di makamkan di sebuah mausoleum di Lapangan Merah, Moscow, Rusia. Bangunan ikonik berbentuk benteng kokoh berwarna merah ini menjadi tempat bersemayam jasat Lenin yang diawetkan. Pemakaman tersebut dibuat khusus untuk mengenang kejayaan Lenin pada saat memimpin Uni Soviet. Walaupun Uni soviet sudah tidak ada, makam Lenin tetap menjadi tempat bersejarah yang dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Pengunjung dapat melihat langsung jenazah Lenin tanpa dipungut biaya. Mausoleum hanya dibuka pada hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu.

Baca Juga :

Castel Sant Angelo, Italia

Castel Sant Angelo atau Castle of The Holy Angel ini dibangun untuk kaisar Romawi Hadrian dan istrinya Sabina. Bangunan yang dibanguan sekitar tahun 135-139 Masehi ini memiliki bentuk serupa dengan Colosseum di Roma, berbentuk silinder dengan atap terbuka. Setelah kekaisaran Romawi runtuh bangunan makam tersebut diperuntukkan sebagai benteng perlindungan para Paus Katolik Roma. Saat ini bangunan makam Hadrian menjadi tempat wisata yang indah dan sempat juga menjadi latar tempat sebuah film Holliwood, yaitu Angel and Demons.

Shah I Zinda, Uzbekistan

Shah I Zinda berlokasi di atas bukit Necropolis di Kota Samarkand, Uzbekistan, adalah kompleks makam megah yang salah satunya terdapat makam Kusam ibnu Abbas, yaitu sepupu dari Nabi Muhammad. Shah I Zinda dibangun dari abad ke-11 sampai abad ke-19 M. Makam yang sekaligus museum bersejarah ini memiliki arsitektur yang kental dengan nuansa Islam. Ini terlihat dari bentuk kubah berwarna biru yang menyerupai kubah masjid. Kompleks makam ini terbagi menjadi tiga bangunan utama, dengan bangunan depan berbentuk gapura besar khas Timur Tengah.

Palace of The Sun, Korea Utara

Palace of The Sun adalah sebuah bangunan makam megah di Pyongyang, Korea Utara. Makam yang dibangun pada tahun 1976 tempat bersemayamnya Presiden pertama Korea Utara Kim Il Sung dan anaknya, Kim Jong Il. Palace of The Sun lebih dikenal dengan sebutan Kumsusan Memorial Palace, memiliki bentuk bangunan seperti istana kepresidenan dengan tembok putih kokoh.Di bagian fasadnya terdapat foto dari kedua diktator Korea Utara, Kim Il Sung dan Kim Jong Il. Pembangunan makam ini diklaim memakan biaya sekitar 100 Juta dollar AS atau sekitar Rp1,3 Triliun.

Les Invalides, Perancis

Les Invalides adalah sebuah makam dari pemimpin Perancis terdahulu, Napoleon Bonaparte yang berada di Distrik 7, Kota Paris. Les Invalides dibangun pada tahun 1670 oleh Raja Louis XIV. Awalnya bangunan ini dibuat untuk merawat para tentara yang sudah tua dan cacat akibat perang. Itu sebabnya nama bangunan ini diambil dari bahasa Perancis, les Invalides yang berarti “orang-orang cacat”. Kemudian pada tahun 1840, tepat di dawah kubah dari bangunan utamanya dimakamkannya Napoleon Bonaparte dengan bentuk makam sarkofagus mewah yang diletakkan diatas batu marmer.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here