5 Hal Ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi Pada Properti

0
223

“Lokasi, lokasi, dan lokasi”. Selogan ini seakan menjadi nadi bagi para pegiat properti, termasuk masyarakat yang hendak berinvestasi di bidang itu. Tidak hanya lokasi, persaingan yang semakin sengit diantara para pengembang bahkan memunculkan selogan baru, “Lokasi dan Konsep”. Para developer giat membangun dengan menghadirkan berbagai tawaran konsep menarik dan menggiurkan.

Tapi, apakah hanya cukup dengan itu lantaran Anda memutuskan untuk segera membeli atau berinvestasi di sana? Ternyata tidak cukup! Bahkan masih banyak investor dan para customer properti yang masih bingung bagaiman harus memulai dan baiknya seperti apa.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda pun tak menampik jika lokasi adalah salah satu pertimbangan utama ketika hendak membeli sebuah properti. Tapi menurutnya, beberapa faktor penting lainnya juga patut dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah properti.

Berikut 5 hal yang diungkapkan Ali dalam tatap muka bersama media di Synthesis Square, Jakarta, Kamis, (22/9/2016):

[Baca: Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Beli Rumah Baru]

1. Lokasi
Lokasi strategis sudah pasti menjadi pilihan utama para pembeli. Strategisnya sebuah lokasi properti tentu dilihat juga dari aksesibilitas dari dan menuju tempat tersebut. Apakah banyak alternatif pilihan transportasi yang bisa digunakan? Bagaimana dengan jarak tempuh menuju tempat kerja atau tempat-tempat hiburan dan rekreasi? Apakah dekat pula dengan fasilitas dan sarana umum lainnya? Biasanya, semakin strategis dan mudahnya sebuah lokasi properti itu dijangkau, maka semakin tinggi pula harganya.

2. Momentum/Timing
Lokasi memang penting tetapi lebih penting adalah momentum. Pilihlah waktu yang tepat ketika membeli properti. Jangan sampai beli saat harga terlampau tinggi, sebab Anda akan kesulitan ketika menjual kembali atau menyewakannya. Siklus properti selalu terjadi, sehingga pilihan waktu tepat adalah ketika harga masih terjangkau.

3. Pastikan Pasar Sewa
Terutama ketika membeli atau berinvestasi apartemen, maka potensi tertinggi untuk mendapatkan keuntungan besar adalah peyewaan. Berbeda dengan rumah tapak yang justru lebih menjanjikan ketika dijual kembali. Untuk ini, Anda harus lebih jeli ketika membeli sebuah apartemen, pastikan bahwa pasar sewa di sekitar harus ada. [Baca: Ini Cara Mudah Menjual Properti]

4. Pastikan Pengembangnya
Banyak pembeli yang sering mengabaikan hal ini. Sudah tergoda oleh rayuan marketing/sales akan tawaran harga dan konsep menarik namun tak melihat seberapa kredibel dan terpercaya pengembang properti tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya, proyek apa saja yang sudah pernah dia bangun, dan bagaimana tanggapan atau keluhan para pelanggannya. Apakah bisa dipercaya? Jangan sampai menyesal di tengah jalan. [Baca: Kiat Sukses Mengelola Bisnis Properti ala Ciputra]

5. Maintenance
Hal ini masih berkaitan dengan siapa pengembang dibalik properti tersebut. Banyak pengembang yang hanya bisa bangun dan menjual, namun tidak bisa memaintenace atau mengelola properti itu. Terutama pada apartemen, sudah banyak kejadian tentang hal ini.

 

Kini pilihan di tangan Anda!
Harga terjangkau, tertarik dengan konsepnya, namun perhatikan juga hal lain di atas. [pio]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here