5 GEDUNG TERTIPIS DI DUNIA

0
68

The Flatiron Building, Amerika

The Flatiron Building atau disebut juga dengan The Fuller Building adalah bangunan ikonik bersejarah Kota New York, Amerika Serikat. Gedung dengan bentuk segi tiga lancip ini selesai dibangun pada tahun 1902. Bangunan dengan tinggi 86,9 meter ini memiliki 20 lantai yang berlokasi persis di tengah-tengah distrik Flatiron, Manhattan, New York. Gedung Flatiron ditetapkan sebagai landmark Kota New York pada tahun 1966. Sejak tahun 1989 bangunan ini ditetapkan sebagai tempat bersejarah nasional.

The Gateway, Singapura

The Gateway adalah gedung pencakar langit setinggi 150 meter berlokasi di Beach Road, Downtown Core, Singapura. Selesai dibangun pada April 1990, bangunan ini memiliki 37 lantai dengan dua bangunan saling berjajar. Kedua bangunan super tipis ini dinamakan sebagai The Gateway East dan The Gateway West. Gedung ini didesain oleh arsitektur Cina-Amerika Leoh Ming Pei yang berbasis di Amerika. The Gateway dipergunakan sebagai kantor dari beberapa perusahaan seperti perusahaan logistic DHL, Canon, dan di lantai tiga gedung Gateway East digunakan sebagai Kedutaan Besar Meksiko.

Keret House, Polandia

Keret House adalah sebuah bangunan instalasi struktur dan seni berlokasi di Warsawa, Polandia. Bangunan sempit berukuran 92 sentimeter pada titik tertipis dan 152 sentimeter pada titik terlebar dirancang oleh arsitek Jakub Szczesny melalui perusahaan arsitektur Centrala. Bangunan instalasi seni dan arsitektur ini dinamai berdasarkan nama penulis sekaligus pembuat film Israel bernama Etgar Keret.

ANH House, Vietnam

Rumah empat lantai yang berlokasi di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Rumah tipis dengan lebar 4 meter dan pajang kedalam bangunan 21 meter ini di desain oleh arsitektur Jepang Sanukidan Nishizawa. Bangunan ini ditempati oleh keluarga ANH sebagai rumah utama, yang terdiri ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandir, kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Dengan keterbatasan lahan bangunan dibuat tinggi dan memanjang ke belakang dengan bukaan ventilasi di sisi depan, belakang, dan atas bangunan. .

Thin House, Inggris

Berlokasi di Thurloe Square 5, Thin House dijuluki sebagai rumah tipis di London, Inggris. Bangunan yang berada persis di antara Stasiun Kensington dan Museum Victoria and Albert dianggap sebagai rumah tersempit di ibu Kota London. Thin House dibangun sekitar tahun 1840 hingga 1846. Bangunan ini sebenarnya berbentuk segitiga yang melebar kearah Timur. Pada tahun 2016 apartemen bagian atas bangunan ini dijual dengan harga 895 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp 16 miliar. (Harini Ratna/dari berbagai sumber)

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here