5 DESA WISATA TEREKSOTIS DI DUNIA

0
270

DESA COLMAR, PERANCIS

Desa Colmar berada di provinsi Alsace, Perancis, memiliki keindahan arsitektur bangunan-bangunan tua yang masih terjaga keasliannya. Keindahan desa ini telah memikat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Perancis. Colmar terkenal sebagai Petite Venise atau Little Venice di Perancis yaitu kanal-kanal kecil dari Sungai Lauch mengalir di antara rumah-rumah dengan bunga-bunga bergantungan di sisi jendela. Arsitek rumah tradisional Colmar bergaya percampuran Perancis, Jerman, dan budaya lokal. Begitu terkenalnya Desa Colmar hingga menjadi model desain dalam film animasi Jepang berjudul Howl’s Moving Castle.

CASTLE COMBE, INGGRIS

Inilah desa favorit tujuan wisatawan yang berada di Provinsi South West, Inggris. Pada tahun 2014 desa ini terpilih menjadi desa terbaik versi majalah The Times. Castle Combe terkenal dengan cottage-cottage batu yang indah dan bangunan gereja abad pertengahan yang masih terjaga keutuhan arsitekturnya. Beberapa bangunan terkenal seperti Gereja St. Andrew Church dan Manor House Hotel berada di desa ini. Tempat paling indah adalah sebuah jembatan batu tua yang dialiri Sungai Bybrook. Beberapa film menjadikan desa ini sebagai lokasi shooting seperti Doctor Dolittle dan War House.

HAHOE FOLK VILLAGE, KOREA SELATAN

Hahoe Folk Village masuk desa tradisional Korea Selatan yang dibangun pada zaman dinasti Joseon yang berada di provinsi Gyeongsangbukdo. Desa ini pernah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan budaya dunia karena keutuhan dari arsitektur bangunan rumah dengan atap cembung berbahan jerami, buku buku dari zaman Joseon serta tradisi kuno yang masih berjalan. Bangunan yang menjadi ikonik di Hahoe Folk Village yaitu Wonjijeongsa Pavilion dan Beongsan Confucian Manor.

SHIRAKAWA-GO, JEPANG

Desa Shirakawa-go berlokasi di kaki Gunung Gifu di sisi barat Pulau Honshu, Jepang. Desa ini dikenal sudah berumur ratusan tahun dengan rumah-rumah tradisional yang masih terjaga bentuknya. Arsitektur rumah kayu memiliki atap berbentuk segi tiga lancip ke atas berbahan jerami yang disebut Gassho-Zukuri. Saat memasuki musim salju Desa Shirakawa-go banyak dikunjungi wisatawan karena pemandangan desa yang diselimuti salju menjadi lebih indah dan romatis. Pada malam hari desa yang diselimuti salju ini makin indah di antara temaram lampulampu jalan yang romantis.

WAE REBO, INDONESIA

Salah satu desa eksotis di Indonesia adalah Desa Wae Rebo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Wae Rebo terkenal dengan rumah-rumah radisional yang atapnya berbentuk kerucut terbuat dari jerami. Desa ini masih idiami oleh suku asli pedalaman Flores. Uniknya, rumah tradisional ini hanya terdiri dari tujuh rumah tradisional yang berjajar melingkari lahan hijau. Setiap rumah tradisional tersebut dapat ditempati oleh enam hingga delapan orang. Begitu terkenalnya rumah ini kini menjadi tujuan wisata budaya para pendaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here